Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kronologi Perkara Caroline Jurie, Copot Paksa Mahkota di Panggung Berlanjut ke Jalur Hukum

Kompas.com - 08/04/2021, 21:06 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber CNN, AFP

COLOMBO, KOMPAS.com - Kontroversi Kontes Mrs Sri Lanka kini berlanjut ke jalur hukum. Mrs World 2020 Caroline Jurie dilaporkan ditangkap polisi, setelah mencopot mahkota pemenang ratu kecantikan Mrs Sri Lanka secara paksa.

Pushpika de Silva sebagai pemenang Mrs Sri Lanka edisi 2020, mengatakan mendapat perawatan di rumah sakit karena kepalanya terluka karena diperlakukan kasar oleh Jurie.

Caroline Jurie bersama temannya, Chula Manamendra sudah ditangkap pihak kepolisian.

Baca juga: Mrs World yang Copot Paksa Mahkota Ratu Kecantikan Mrs Sri Lanka Ditangkap

"Mereka diamankan atas tuduhan penyerangan dan menyebabkan kerusakan di (teater) Nelum Pokuna," jelas Pejabat polisi senior Ajith Rohana.

Kepada awak media, De Silva mengungkapkan sebenarnya dia siap mencabut laporan terhadap Mrs World 2020. Asalkan, Jurie memberikan pernyataan maaf secara terbuka. Namun, Jurie disebut menolak tuntutan itu."

Saya mencoba untuk tak melanjutkannya di pengadilan, namun dia menolak. Saya memaafkan, namun tak melupakannya," ujar ratu kecantikan 31 tahun itu melansit AFP Kamis (8/4/2021).

Belum ada komentar dari Jurie maupun pengacaranya atas penangkapan ini.

Sumber kepolisian mengungkapkan, sidang bakal digelar pekan depan dengan Jurie dan Manamendra bakal dibebaskan memakai jaminan.

Baca juga: Klarifikasi Pushpika De Silva, Mrs Sri Lanka yang Mahkotanya Dicopot Paksa karena Dituduh Cerai

Rentetan kejadian

Kontroversi meletus di kontes kecantikan Mrs Sri Lanka pada Minggu (11/4/2021). Tak lama setelah pemenang diumumkan, mantan pemegang gelar melepas mahkota dari kepala Pushpika de Silva.

Mrs Sri Lanka 2019 Caroline Jurie, mengumbar tuduhan palsu bahwa De Silva adalah seorang janda, dan karena itu tidak memenuhi syarat untuk ikut serta dalam kontes itu.

Saat Pushpika De Silva dinobatkan sebagai pemenang kompetisi, tepuk tangan dan sorakan dari penonton bergemuruh di ibu kota Sri Lanka, Kolombo.

Rekaman video dari acara tersebut menunjukkan penyelenggara memasang sabuk pemenang di sekitar De Silva dan mahkota di kepalanya.

Tak lama kemudian, pemenang kontes 2019 dan Mrs World 2020, Caroline Jurie, naik ke panggung dan mengambil mikrofon.

"Untuk Mrs World ada aturan bahwa Anda harus menikah, dan tidak bercerai. Jadi, saya memutuskan mengambil tindakan untuk menyatakan mahkota akan menjadi milik runner-up pertama."

Jurie kemudian menoleh ke De Silva yang tertegun, dengan paksa mengambil mahkota dari kepalanya. Kemudian meletakkannya di runner-up pertama, yang menangis dan berterima kasih kepada para juri saat De Silva berjalan pergi.

Baca juga: Sempat Dicopot Paksa karena Dituduh Cerai, Mahkota Ratu Kecantikan Sri Lanka Dikembalikan

Halaman:
Sumber CNN, AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com