Buron Setahun, Pencuri Lukisan Vincent van Gogh Akhirnya Ditangkap

Kompas.com - 06/04/2021, 19:46 WIB
Tampilan lukisan Spring Garden karya Vincent van Gogh yang hilang dicuri di Museum Singer Laren, Belanda, Senin (30/3/2020). HANDOUT/Marten de Leeuw/EPA-EFETampilan lukisan Spring Garden karya Vincent van Gogh yang hilang dicuri di Museum Singer Laren, Belanda, Senin (30/3/2020).

BAARN, KOMPAS.com - Polisi Belanda menangkap seorang pria berusia 58 tahun pada Selasa (6/4/2021), yang diduga mencuri dua lukisan karya Vincent van Gogh dan Frans Hals dari museum di sana tahun lalu.

Luksian van Gogh dicuri dari museum Singer Laren, timur Amsterdam, pada 30 Maret 2020 dini hari ketika Belanda masih lockdown dan lokasi itu tutup.

Kemudian lukisan Hals yang merupakan seniman abad ke-17, dicuri pada Agustus 2020 dari Museum Hofje van Mevrouw van Aerden di Leerdam.

Baca juga: Belanda Lockdown, Lukisan Karya Vincent van Gogh Hilang Dicuri

Pria itu ditangkap di rumahnya di pusat kota Baarn, atas tuduhan mencuri lukisan "Parsonage Garden at Nuenen in Spring" atau "Spring Garden" karya van Gogh, dan "Two Laughing Boys" ciptaan Frans Hals.

Namun, polisi belum menemukan satu pun dari kedua lukisan itu. Karya van Gogh yang hilang bernilai hingga 6 juta euro (Rp 102,8 miliar).

"Selama berbulan-bulan, penyelidikan intensif atas perampokan kedua lukisan itu dilakukan di bawah kepemimpinan kejaksaan," kata polisi Belanda dikutip Kompas.com dari AFP.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ini berujung pada ditangkapnya seorang tersangka berusia 58 tahun dari Baarn. Dia ditangkap di rumahnya pagi ini. Pria itu diduga mencuri lukisan-lukisan tersebut."

Baca juga: Terungkap, Detik-detik Lukisan van Gogh Seharga Rp 49,7 Miliar Dicuri Saat Lockdown

Pencurian lukisan van Gogh tahun lalu terjadi jelang ulang tahun ke-167 sang maestro karya seni.

Sementara itu lukisan Hals yang menggambarkan dua anak laki-laki tertawa dengan segelas bir, pernah hilang dicuri juga pada 2011 dan 1988.

Namun, lukisan itu berhasil ditemukan lagi masing-masing setelah 6 bulan dan 3 tahun.

Baca juga: Berkat Kartu Pos Kuno, Ahli Ungkap Lokasi Van Gogh Melukis Karya Terakhirnya


Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X