Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Zong Qinghou, Crazy Rich China yang Sepatunya Cuma Rp 66.000 dan Suka Makan di Kantin

Kompas.com - 06/04/2021, 11:46 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com - Nama Zong Qinghou pernah menjadi sorotan saat berpenampilan sangat sederhana di sebuah acara, padahal dia adalah salah satu orang terkaya di China.

Xinhua pada 1 Juni 2020 mewartakan, saat menyapa pemirsa di sebuah acara live stream Zong Qinghou hanya memakai sepatu yang harganya 30 yuan (Rp 66.000).

"Harga sepatu kain yang saya pakai sekitar 30 yuan. Sangat nyaman, saya sudah memakainya selama bertahun-tahun," ujar pria yang kini berusia 75 tahun tersebut.

Baca juga: Crazy Rich China Ini Cuma Pakai Sepatu Harga Rp 66.000, Uang Jajannya Rp 290.000 Sehari

Xinhua turut mengungkap bahwa pakaian favorit Zong Qinghou adalah kemeja biru dan sepatu kain hitam.

Mengutip laman Famous Entrepreneurs, Zong Qinghou merupakan Crazy Rich China yang mendirikan Hangzhou Wahaha Group dan menjadi CEO di sana.

Perusahaannnya termasuk salah satu produsen minuman kemasan ternama di "Negeri Panda". Produknya antara lain air mineral botol, teh, dan susu kotak.

Data terbaru dari Forbes hingga Senin (5/4/2021) menyebutkan, total kekayaan Zong Qinghou adalah 8,7 miliar dollar AS (Rp 126 triliun), dan menempati urutan ke-55 dalam daftar orang terkaya di dunia.

Zong Qinghou menikah dengan Shi Youzhen dan mereka dikaruniai seorang putri bernama Kelly.

Istrinya adalah Purchasing Manager Wahaha, dan putrinya menimba ilmu di Pepperdine University Amerika Serikat.

Kelly turut berperan penting dalam pengembangan bisnis Wahaha, tapi sampai sekarang Zong Qinghou belum mengumumkannya menjadi penerusnya.

Baca juga: Kisah Pemulung Kaya Raya Raup Rp 40 Juta Sebulan, Awalnya Cuma Hobi

Zong Qinghoupolicymic Zong Qinghou
Masa kecil Zong Qinghou dan ekspansi bisnis

Zong Qinghou lahir pada Oktober 1945 di Zhejiang, China. Setelah lulus SMA dia tak bisa melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, karena ibunya sudah pensiun.

Oleh karena pendidikannya kurang memadai, dia sulit mencari pekerjaan yang baik. Jadi, Zong Qinghou merintis bisnisnya dari kecil dengan menjual susu di sekolah Distrik Shangcheng.

Kesuksesan berjualan menuntun Zong Qinghou mendirikan bisnis bernama Wahaha yang menjual es, minuman bersoda, dan alat tulis pada 1987.

Awalnya Zong Qinghou bermitra dengan dua guru sekolah dan meminjam 140.000 yuan (kini Rp 310 juta) untuk mulai memproduksi dan mendistribusikan susu.

Kerja kerasnya selama 20 tahun akhirnya membuahkan hasil, dengan perusahaannya yang dulu berupa toko kecil di sekolah menjadi bisnis besar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com