Terusan Suez Bebas Macet, Kapal Terakhir yang Tertahan Sudah Lewat

Kompas.com - 04/04/2021, 08:06 WIB
Kapal Ever Given ditahan di Great Bitter Lake, tempat penyimpanannya saat ini, sampai kompensasi dibayarkan oleh pemilik kapal. SUEZ CANAL AUTHORITY via APKapal Ever Given ditahan di Great Bitter Lake, tempat penyimpanannya saat ini, sampai kompensasi dibayarkan oleh pemilik kapal.

SUEZ, KOMPAS.com - Kapal terakhir yang tertahan oleh kapal Ever Given, kontainer raksasa yang terjebak di Terusan Suez, kini telah melewati jalur air penghubung Laut Merah dan Laut Mediterania.

Lebih dari 400 kapal dibiarkan menunggu di kedua ujung kanal ketika Ever Given sepanjang 400 meter terjepit di jalur sempit arteri perdagangan internasional pada 23 Maret.

Tetapi Otoritas Terusan Suez Mesir mengatakan kemacetan lalu lintas pengiriman sekarang sudah berakhir pada Sabtu malam (3/4/2021).

Baca juga: Dampak Terusan Suez Macet, Mesir Minta Ganti Rugi Rp 14,5 Triliun

Para pejabat telah membuka penyelidikan insiden Ever Given tersebut. Mereka berharap temuannya bisa dipublikasikan awal minggu depan.

Hasil penyelidikan diyakini dapat menimbulkan dampak hukum yang besar. Pasalnya berbagai pihak berupaya menutup biaya perbaikan kapal dan kanal, serta operasi penyelamatan.

Sekitar 12 persen perdagangan global melewati kanal sepanjang 193 km (120 mil), yang menyediakan jalur laut terpendek antara Asia dan Eropa.

Ever Given seberat 220.000 ton akhirnya dibebaskan Senin lalu (29/3/2021). Operasi penyelamatan besar-besaran melibatkan armada kapal tunda dan kapal pengerukan, yang memindahkan sekitar 30.000 meter kubik (1,1m kaki kubik) lumpur dan pasir.

Operasi tersebut memungkinkan ratusan kapal, yang membawa jutaan ton kargo, mulai bergerak melalui jalur air.

Sebanyak 85 kapal, membawa kargo seberat 4,2 juta ton, melewati kanal di kedua arah pada Sabtu (3/4/2021), kata Otoritas Terusan Suez (SCA) melansir BBC.

Barisan itu mencakup 61 kapal terakhir dari 422 kapal yang sebelumnya mengantre ketika kapal kontainer Ever Given tertahan.

Baca juga: 10 Jalur Air Penting Terkenal di Dunia, Terusan Suez hingga Terusan Panama

Halaman:

Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X