AS, Jepang, dan Korea Selatan Bersatu Lawan Program Nuklir Korea Utara

Kompas.com - 03/04/2021, 06:09 WIB
Seorang pria menyaksikan dari layar televisi di stasiun kereta Suseo, Seoul, pada 26 Maret, berisi tayangan uji coba rudal balistik terbaru Korea Utara. AFP PHOTO/JUNG YEON-JESeorang pria menyaksikan dari layar televisi di stasiun kereta Suseo, Seoul, pada 26 Maret, berisi tayangan uji coba rudal balistik terbaru Korea Utara.

WASHINGTON DC, KOMPAS.com – Amerika Serikat (AS), Jepang, dan Korea Selatan bersatu menghadapi kekhawatiran tentang program nuklir Korea Utara.

Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan pada Jumat (2/4/2021) mengadakan pertemuan dengan rekan-rekannya dari Korea Selatan dan Jepang.

Pertemuan tersebut digelar di Akademi Angkatan Laut AS di Annapolis, Maryland, AS. Delegasi Korea Selatan diwakili oleh Suh Hoon sedangkan delegasi Jepang diwakili Shigeru Kitamura.

Ketiga pejabat itu mengatakan dalam pernyataan bersama bahwa mereka berbagi keprihatinan tentang program rudal nuklir dan balistik Korea Utara.

Baca juga: AS Akan Duduk bareng Jepang dan Korsel untuk Bicarakan Korea Utara

Ketiganya juga berjanji untuk memperkuat kerja sama trilateral bersama menuju denuklirisasi sebagaimana dilansir AFP.

"Mereka sepakat tentang keharusan implementasi penuh dari resolusi Dewan Keamanan PBB yang relevan oleh komunitas internasional, termasuk Korea Utara,” bunyi pernyataan itu.

“Mencegah proliferasi dan kerja sama untuk memperkuat pencegahan dan memelihara perdamaian dan stabilitas di Semenanjung Korea," sambung pernyataan itu.

Selain itu, ketiga pejabat tinggi tersebut juga membahas upaya pemberantasan Covid-19, perubahan iklim, dan cara memulihkan demokrasi di Myanmar.

Baca juga: Korea Utara Uji Coba Rudal, Biden Lontarkan Ancaman

Sebelumnya, mantan Presiden AS Donald Trump sempat bertemu dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un beberapa kali.

Dalam pertemuan tersebut, Trump berencana membujuk Korea Utara untuk meninggalkan program nuklirnya. Namun upaya tersebut gagal total.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X