Kompas.com - 30/03/2021, 19:29 WIB
Orang-orang membawa karung di permukiman Paquitequete, untuk menunggu kapal datang mengangkut warga kota Palma dan Afungi, yang kotanya diserang ISIS pada 30 Maret 2021. AFP PHOTO/ALFREDO ZUNIGAOrang-orang membawa karung di permukiman Paquitequete, untuk menunggu kapal datang mengangkut warga kota Palma dan Afungi, yang kotanya diserang ISIS pada 30 Maret 2021.

PALMA, KOMPAS.com - Kota utama di Mozambik utara, Palma, kosong melompong pada Senin (29/3/2021).

Semua warganya melarikan diri melalui jalur darat, perahu, atau berjalan kaki saat ISIS menyerang kota tersebut dengan serangan bertubi-tubi.

Milisi yang terkait dengan ISIS menyerang Palma sejak Rabu (24/3/2021), dan menjadi eskalasi konflik di Mozambik utara sejak 2017.

Baca juga: Milisi Serang Kota di Mozambik, Pantai Dipenuhi Mayat Tanpa Kepala


Puluhan orang, menurut ISIS dan pihak berwenang, tewas dalam situasi yang oleh saksi mata digambarkan sebagai serangan terkoordinasi.

AFP mewartakan, sejumlah orang masih hilang tak diketahui keberadaannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ini adalah serangan di lokasi terdekat dengan proyek gas bernilai miliaran dollar AS, yang sedang dibangun di semenanjung dan hanya berjarak 10 km dari TKP.

Proyek gas itu dibangun oleh Total asal Perancis dan raksasa energi lainnya.

ISIS mengklaim serangan ini ditujukan pada sasaran militer dan pemerintah, serta menewaskan puluhan tentara juga "anggota negara Tentara Salib", istilah mereka untuk warga negara Barat.

Baca juga: ISIS Akui Jadi Dalang Serangan Kota di Mozambik yang Dipenuhi Mayat Tanpa Kepala

Halaman:

Video Pilihan

Sumber AFP
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.