Hadiri Pernikahan Warga, Trump Malah Pidato soal Dirinya Sendiri

Kompas.com - 30/03/2021, 15:16 WIB
Mantan presiden Amerika Donald Trump saat menghadiri pernikahan warga di Mar-a-Lago, Florida, akhir Maret 2021. TMZMantan presiden Amerika Donald Trump saat menghadiri pernikahan warga di Mar-a-Lago, Florida, akhir Maret 2021.

PALM BEACH, KOMPAS.com - Mantan presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mencuri perhatian saat datang ke pesta pernikahan warga di resor Mar-a-Lago, Florida, akhir pekan lalu.

Ia menggunakan momen pidato ucapan selamat untuk berbicara tentang dirinya sendiri dan mengolok-olok penggantinya di Gedung Putih, Joe Biden.

"Apakah kalian sudah merindukanku?" tanya Trump yang memakai setelan jas dengan tuksedo, dalam video yang diunggah situs gosip selebriti TMZ.

Baca juga: Trump Luapkan Kemarahan kepada Pakar Covid-19 yang Sering Kritik Dia

Pertanyaannya disambut dengan sorakan meriah  dan tepuk tangan dari para tamu pernikahan.

Tamu-tamu tersebut di antaranya teman-teman lama Trump seperti Megan Noderer dan John Arigo, menurut laporan Business Insider.

Di pesta pernikahan itu Trump turut mengecam Presiden Joe Biden atas berbagai permasalahan, seperti perbatasan AS-Meksiko, China, dan Iran.

"Apa yang terjadi dengan anak-anak? Mereka hidup dalam kemelaratan, mereka hidup seperti yang belum pernah dilihat siapa pun," kata Trump merujuk pada kondisi di perbatasan, dikutip Kompas.com dari AFP.

Baca juga: Semua Properti Trump Dicoret dari Daftar Agen Perjalanan Mewah

Sejak Biden menjabat, gelombang migran termasuk anak-anak di bawah umur tanpa pendamping mencoba masuk ke AS.

Sebelumnya pemerintahan Trump menuai kritik karena memisahkan banyak keluarga di perbatasan, dan menaruh anak-anak di tempat yang oleh para kritikus disebut kandang.

Dalam pidatonya Trump juga membicarakan hasil pemilu Amerika, yang kekalahannya masih belum dia terima.

Namun, di akhir pidato presiden ke-45 AS itu tak lupa mengucapkan selamat kepada dua mempelai.

"Kalian pasangan yang hebat dan rupawan," kata pengusaha berusia 74 tahun tersebut.

Baca juga: Ternyata Ini Alasan Donald Trump Tidak Ingin Siapa Pun Tahu Catatan Akademisnya


Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X