Ada Kekuatan Alam Berperan dalam Pembebasan Kapal Ever Given dari Terusan Suez

Kompas.com - 30/03/2021, 15:12 WIB
Kosmonot Rusia Sergey Kud-Sverchkov membagikan gambar yang diambil dari Stasiun Luar Angkasa Internasional dari kapal kargo Ever Given terjebak miring di Terusan Suez pada 27 Maret 2021. (Image credit: Roscosmos / NASA) ROSCOSMOS NASA via TWITTERKosmonot Rusia Sergey Kud-Sverchkov membagikan gambar yang diambil dari Stasiun Luar Angkasa Internasional dari kapal kargo Ever Given terjebak miring di Terusan Suez pada 27 Maret 2021. (Image credit: Roscosmos / NASA)

 

SUEZ, KOMPAS.com - Pembebasan kapal Ever Given dari Terusan Suez yang menghubungkan Laut Mediterania dan Laut Merah, disebut mendapat sedikit bantuan dari “kekuatan alam.”

Selama hampir seminggu, bencana kapal raksasa ini menghebohkan internet. Kapal dengan panjang 1.300 kaki (400 meter) ini memblokade jalur perdagangan utama dunia dengan kerugian ratusan juta dollar per jam.

Truk penggali, yang terlihat kecil saat berdampingan dengan badan raksasa kapal, sejak awal dioperasikan untuk menggali sisi kanal.

Bahkan dari luar angkasa, di Stasiun Luar Angkasa Internasional, sekitar 250 mil (400 kilometer) di atas medan, semua mata tertuju pada Ever Given.

Kosmonot Rusia Sergey Kud-Sverchkov, yang telah tinggal dan bekerja di laboratorium yang mengorbit sejak Oktober, berbagi gambar yang diambil dari sudut pandang orbitnya di angkasa. Dia mengabadikan setiap momen hingga pembebasan Ever Given dari Terusan Suez.

"Salah satu berita yang paling banyak dibicarakan adalah insiden di #SuezCanal," tulis Kud-Sverchkov.

"Salah satu kapal kontainer terbesar di dunia #EverGiven telah memblokir salah satu jalur pengiriman tersibuk di dunia. Para spesialis melakukan segala upaya untuk memulihkan pengiriman. Anda dapat melihatnya sekarang dari @SpaceStation."

Baca juga: Kutukan Firaun Dikaitkan dengan Insiden Terusan Suez hingga Gedung Ambruk di Mesir


Satelit juga membantu pemantauan tiap waktu.

Badan Antariksa Eropa merilis gambar dari satelit Copernicus Sentinel-1. Gambar membandingkan lalu lintas khas Terusan Suez dengan situasi pada Kamis (25/3/2021).

Terlihat perbedaan kondisi lalu lintas yang macet terjadi di belakang kapal Ever Given yang menutup jalur. Menurut Associated Press, diperlukan waktu hingga 10 hari untuk menyelesaikan kapal yang menumpuk (backlog).

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.