Video Ever Given Berlayar Kembali di Terusan Suez, Dirayakan dengan Klakson

Kompas.com - 29/03/2021, 23:39 WIB
Dalam foto yang dirilis Otoritas Terusan Suez, Ever Given, sebuah kapal kargo berbendera Panama ditemani kapal tunda Terusan Suez berlayar di Terusan Suez, Mesir, Senin (29/3/2021). Tim penyelamat pada Senin membebaskan kapal kontainer tersebut yang telah menghentikan perdagangan global melalui Terusan Suez, mengakhiri krisis yang selama hampir sepekan telah menyumbat salah satu arteri maritim paling vital di dunia. SUEZ CANAL AUTHORITY via AP PHOTODalam foto yang dirilis Otoritas Terusan Suez, Ever Given, sebuah kapal kargo berbendera Panama ditemani kapal tunda Terusan Suez berlayar di Terusan Suez, Mesir, Senin (29/3/2021). Tim penyelamat pada Senin membebaskan kapal kontainer tersebut yang telah menghentikan perdagangan global melalui Terusan Suez, mengakhiri krisis yang selama hampir sepekan telah menyumbat salah satu arteri maritim paling vital di dunia.

KAIRO, KOMPAS.com – Kapal Ever Given di Terusan Suez akhirnya berhasil dibebaskan pada Senin (29/3/2021) setelah memblokade kanal tersebut selama hampir sepekan.

Setelah Ever Given dibebaskan, lalu lintas pelayaran di salah satu kanal paling sibuk di dunia tersebut bisa dilanjutkan kembali.

Siaran televisi menunjukkan, awak kapal penarik membunyikan klakson mereka untuk merayakan keberhasilan mengevakuasi Ever Given.

Kepala Otoritas Terusan Suez (SCA) Osama Rabie mengatakan, proses evakuasi Ever Given telah berhasil dilakukan setelah terdampar hampir sepekan lamanya.

Baca juga: Kapal Ever Given di Terusan Suez Berhasil Dibebaskan, Lalu Lintas Maritim Resmi Dilanjutkan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email


Pihaknya lantas mengumumkan bahwa lalu lalu lintas maritim di Terusan Suez secara resmi dimulai kembali.

Ever Given telah menyumbat Terusan Suez selama hampir sepekan setelah menyangkut di kanal itu pada Selasa (23/3/2021) pekan lalu.

Dengan panjang 400 meter, Ever Given terdampar secara diagonal dengan haluan kapal menabrak sisi timur kanal dan buritan kapal tersangkut di sisi barat kanal.

Sebelum berhasil dievakuasi sepenuhnya, dilakukan beragam upaya termasuk mengeruk dan menggali sisi timur kanal yang menghubungkan Laut Merah dan Laut Mediterania tersebut.

Baca juga: Selagi Terusan Suez Macet, Rusia Promosikan Rute Pelayaran Laut Utara

Pada Senin pagi waktu setempat, SCA dan tim dari perusahaan Belanda Smit Salvage telah berhasil mengapung kembali sebagian Ever Given.

Keberhasilan tersebut langsung disambut oleh Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi sebagaimana dilansir The Japan Times.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.