Konser "Live" di Barcelona Dihadiri Sekitar 5.000 Orang Tanpa Jarak Sosial

Kompas.com - 28/03/2021, 09:36 WIB
Penonton menunggu dimulainya konser musik rock oleh grup Spanyol Love of Lesbian di Palau Sant Jordi di Barcelona pada 27 Maret 2021. Penonton menjalani rapid test Antigen Covid-19 dan diharuskan memakai masker selama konser, tetapi tanpa perlu menerapkan aturan jarak sosial. [Lluis Gene/AFP] Lluis Gene/AFPPenonton menunggu dimulainya konser musik rock oleh grup Spanyol Love of Lesbian di Palau Sant Jordi di Barcelona pada 27 Maret 2021. Penonton menjalani rapid test Antigen Covid-19 dan diharuskan memakai masker selama konser, tetapi tanpa perlu menerapkan aturan jarak sosial. [Lluis Gene/AFP]

BARCELONA, KOMPAS.com - Ribuan penggemar musik memadati lokasi konser di Barcelona pada Sabtu (27/3/2021) tanpa jarak sosial.

Melansir Reuters pada Minggu (28/3/2021), sekitar 5.000 orang menghadiri konser band indie Spanyol, Love of Lesbian secara live, tanpa perlu menerapkan jarak sosial.

Penonton hanya harus melakukan rapid test Covid-19 dan menggunakan masker selama konser musik di arena Palau Sant Jordi itu berlangsung.

Baca juga: Disangka Meninggal Setelah Dirawat karena Covid-19, Pria Ini Kaget saat Pulang ke Rumahnya yang Kosong

Itu adalah yang pertama dilakukan di Spanyol, jika berhasil dapat memberikan jalan menuju pemulihan industri musik untuk menggelar acara live, yang saat ini hampir mustahil di tengah kasus pandemi Covid-19.

“(Konser ini) adalah tentang kegembiraan pergi keluar, menikmati budaya, dan menari di lingkungan yang kurang lebih aman,” kata Sebastian (47 tahun), seorang guru yang melakukan rapid test Covid-19 sebelum datang ke konser musik.

“Kami akan menari dan bersenang-senang,” ucapnya.

Baca juga: Kekayaan Para Miliarder Dunia Selama Setahun Pandemi Covid-19 Bisa Capai Rp 62 Kuadriiliun

Ini menjadi bentuk konser percontohan, yang telah disetujui oleh otoritas kesehatan, dan akan berfungsi sebagai ujian apakah acara serupa dapat dimulai lagi selama pandemi Covid-19.

"Akan lebih aman berada di Palau Sant Jordi dari pada berjalan-jalan," kata salah satu penyelenggara konser Jordi Herreruela kepada Reuters.

Rapid test pra-konser ditawarkan di 3 lokasi di Barcelona, dan dilakukan oleh 80 perawat yang menggunakan alat pelindung diri lengkap. Beberapa orang meringis saat perawat mengusap hidung mereka.

Baca juga: Jerman Waspadai Gelombang Ketiga Covid-19, Diprediksi Sangat Parah

Pada tengah hari di sana, dari 2.400 orang yang sudah skrining, 3 orang dinyatakan positif Covid-19 dan 1 telah melakukan kontak dengan kasus positif, kata Dr Josep Maria Libre, salah satu dokter yang mengawasi pengujian Covid-19, kepada Reuters.

Halaman:

Sumber REUTERS
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X