Korea Utara Luncurkan 2 Rudal Balistik Ke Laut Timur

Kompas.com - 25/03/2021, 10:27 WIB
Ilustrasi rudal. SHUTTERSTOCKIlustrasi rudal.

PYONGYANG, KOMPAS.com – Korea Utara kembali meluncurkan dua rudal balistiknya untuk kedua kalinya dalam sepekan terakhir.

Seorang pejabat Amerika Serikat (AS) dan kepala staf gabungan Korea Selatan mengonfirmasi kabar tersebut kepada ABC News.

Melansir ABC News, Kamis (25/3/2021), pejabat AS tersebut mengatakan bahwa kedua rudal balistik Korea Utara ditembakkan ke Laut Jepang.

"Korea Utara pagi ini menembakkan dua proyektil tak dikenal ke Laut Timur dari Provinsi Hamkyung Selatan," kata pemerintah Korea Selatan dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Korea Utara Luncurkan Rudal, Biden: Itu Bukan Provokasi

"Intelijen Korea Selatan dan AS sedang menganalisis informasi tambahan,” sambung pernyataan itu.

Seorang pejabat AS mengatakan kepada ABC News bahwa salah satu dari dua rudal ysng dilincurkan tersebut merupakan rudal balistik jarak menengah.

Namun, dia tidak mengetahui secara persis jenis rudal balistik apa yang diluncurkan.

Pejabat Korea Selatan mengatakan, rudal tersebut menempuh jarak sekitar 450 kilometer pada ketinggian 60 kilometer.

Baca juga: Citra Satelit Ungkap Fasilitas Peluncuran Rudal Bawah Tanah Milik Iran

Juru Bicara Komando Indo-Pasifik AS (US Indopacom) Kapten Mike Kafka mengonfirmasi peluncuran rudal yang dilakukan oleh Korea Utara itu.

"Kami akan terus memantau situasi dan berkonsultasi erat dengan sekutu dan mitra kami,” kata Kafka melalui pernyataan.

Halaman:

Sumber ABC News
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X