Ekonomi Korea Utara Masih Pincang, Kim Jong Un Tetap Bangun Apartemen

Kompas.com - 24/03/2021, 11:04 WIB
Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un (tengah) ketika berbicara dengan salah satu jenderalnya saat menonton parade militer untuk merayakan 75 tahun Partai Buruh di Pyongyang, pada 10 Oktober 2020.
In this image made from video broadcasted by North Korea's KRT, North Korean leader Kim Jong Un, center, watches military parade during a ceremony to celebrate the 75th anniversary of the country?s ruling party in Pyongyang Saturday, Oct. 10, 2020.(KRT via AP) KRT via APPemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un (tengah) ketika berbicara dengan salah satu jenderalnya saat menonton parade militer untuk merayakan 75 tahun Partai Buruh di Pyongyang, pada 10 Oktober 2020. In this image made from video broadcasted by North Korea's KRT, North Korean leader Kim Jong Un, center, watches military parade during a ceremony to celebrate the 75th anniversary of the country?s ruling party in Pyongyang Saturday, Oct. 10, 2020.(KRT via AP)

PYONGYANG, KOMPAS.com – Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un meresmikan pembangunan 10.000 apartemen baru di ibu kota Korea Utara, Pyongyang.

Kabar tersebut diwartakan oleh media resmi pemerintah KCNA pada Rabu (24/3/2021) sebagaimana dilansir Reuters.

Pembangunan tersebut tetap dilakukan meski krisis ekonomi menghantam negara itu dan telah membuat proyek konstruksi lainnya terhenti.

Kim Jong Un menghadiri peresmian dimulainya pembangunan tahap pertama untuk proyek tersebut pada Selasa (23/3/3021).

Baca juga: Xi Jinping dan Kim Jong Un Bertukar Pesan Perkuat Hubungan untuk Hadapi Kekuatan Musuh

10.000 apartemen tersebut merupakan bagian dari 50.000 apartemen yang rencananya akan dibangun sebagai bagian dari rencana lima tahunan yang diumumkan pada Januari.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tidak ada yang lebih berharga, terhormat, dan lebih bahagia daripada mendedikasikan keringat dan semangat kami untuk membangun jalan yang ideal," kata Kim, menurut KCNA.

KCNA melaporkan, pemerintah Korea Utara memutuskan untuk melanjutkan proyek tersebut karena ingin meningkatkan kesejahteraan kehidupan rakyatnya.

Rencana baru Kim yang ambisius untuk lima tahun ke depan tersebut ditujukan untuk mengembangkan ekonomi Korea Utara.

Baca juga: Adik Kim Jong Un Lancarkan Kritikan ke AS dan Korea Selatan

Tetapi, rencana terbaru tersebut mungkin akan goyah karena negara itu menghadapi tantangan besar, termasuk sanksi internasional yang dikenakan atas program senjata nuklir dan rudal balistiknya.

Sebelumnya, pejabat AS mengatakan bahwa Korea Utara menguji coba dua rudal pendek pada akhir pekan lalu.

Halaman:

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.