Itamar Ben-Gvir, Politikus Sayap Kanan yang Bakal Masuk Parlemen Israel

Kompas.com - 24/03/2021, 08:21 WIB
Ketua Partai Kekuatan Yahudi (Otzma Yehudit) Itamar Ben Gvir. AFP/MENAHEM KAHANAKetua Partai Kekuatan Yahudi (Otzma Yehudit) Itamar Ben Gvir.

TEL AVIV, KOMPAS.com – Kandidat anggota parlemen Israel Itamar Ben-Gvir berada di jalur yang tepat berdasarkan hasil exit poll dalam pemilu Israel.

Ben-Gvir merupakan kandidat anggota parlemen yang berhaluan ekstrem kanan. Dia sempat menyebut seorang ekstremis Yahudi yang membantai 29 warga Palestina sebagai “pahlawan”.

Ben-Gvir adalah Ketua Partai Kekuatan Yahudi, sebuah partai sayap kanan, sebagaimana dilansir AFP, Rabu (24/3/2021).

Menurut exit poll, kandidat sayap kanan dari Aliansi Zionisme Keagamaan juga akan memperoleh tujuh kursi dari 120 anggota parlemen Israel alias Knesset.

Baca juga: Benjamin Netanyahu Harapkan Kesuksesan Vaksinasi Covid-19 Membawanya Menang Pemilu Israel

Ben-Gvir terinspirasi oleh mendiang Meir Kahane, seorang rabi berhaluan ekstrem kanan, yang melalui gerakan Kach-nya ingin mengusir keturunan Arab-Israel dari Israel.

Kahane dibunuh di New York, Amerika Serikat (AS) pada 1990. Dia memberikan inspirasi ideologis bagi Baruch Goldstein yang membantai 29 orang Palestina di Hebron pada 1994.

Ben-Gvir telah menyuarakan kekagumannya pada Goldstein dan bahkan menggantungkan potret pembunuh massal tersebut di rumahnya.

Partai yang dipimpin Ben-Gvir juga mendukung aneksasi Israel atas seluruh Tepi Barat yang diduduki, yang merupakan rumah bagi sekitar 2,8 juta warga Palestina.

Baca juga: Ini 5 Senjata Api Ampuh yang Dipakai Tentara Israel

Berbicara dengan saluran televisi Channel 13, Ben-Gvir mengatakan misinya adalah untuk mendukung tentara Israel yang ditahan karena menembak warga Palestina.

Ben-Gvir juga berjanji untuk meningkatkan keamanan bagi penduduk selatan yang menghadapi kejahatan dari “minoritas badui”.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X