Anak-anak Tewas Setelah Warga Tanzania Menyerbu Upacara Pemakaman Presiden John Magufuli

Kompas.com - 23/03/2021, 18:02 WIB
Puluhan ribu orang datang ke stadion di Dar es Salaam untuk melihat jenazah mantan Presiden Tanzania John Magufuli, pada Senin (22/3/2021). AFPPuluhan ribu orang datang ke stadion di Dar es Salaam untuk melihat jenazah mantan Presiden Tanzania John Magufuli, pada Senin (22/3/2021).

DAR ES SALAAM, KOMPAS.com - Seorang wanita dan empat anak tewas setelah warga Tanzania menyerbu upacara pemakaman mantan Presiden Tanzania John Magufuli.

Melansir BBC pada Selasa (23/3/2021), beberapa laporan mengatakan jumlah korban tewas bisa mencapai 40 orang. Tetapi para pejabat belum mengonfirmasi hal ini.

Puluhan ribu orang datang ke stadion di Dar es Salaam untuk melihat jenazah mantan presiden itu.

Magufuli yang dijuluki buldoser ini, sangat populer di kalangan banyak orang Tanzania, karena gaya pemerintahannya yang tanpa basa-basi.

Akan tetapi, kritikus menuduhnya sebagai seorang otokrat yang menekan perbedaan pendapat.

Dia juga meremehkan efek virus corona dan menghentikan publikasi jumlah kasus dan kematian di negara itu.

Politisi oposisi mengatakan Magufuli meninggal karena Covid-19, tetapi ini masih belum dikonfirmasi.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Samia Suluhu Hassan Dipilih Jadi Presiden Wanita Pertama Tanzania Gantikan John Magufuli

Duka yang luar biasa

Istri Dennis Mtuwa, dua anaknya, satu keponakan dan satu keponakan telah dikonfirmasi di antara korban tewas setelah penyerbuan pada Minggu (21/3/2021), lapor wartawan BBC Salim Kikeke dari Dar es Salaam.

"24 jam terakhir ini benar-benar sulit bagi saya. Saya merasa lega ketika saya dikelilingi oleh orang-orang, tetapi ketika saya sendiri, kesedihan menjadi luar biasa," kata Mtuwa kepada BBC.

Komandan Polisi kota Lazaro Mambosasa mengatakan dia akan memberikan rincian lebih lanjut pada Selasa (23/3/2021).

Halaman:

Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X