Elon Musk Pastikan Kerahasiaan Informasi Setelah Dituduh sebagai Mata-mata AS oleh China

Kompas.com - 21/03/2021, 12:33 WIB
CEO Tesla Elon Musk. AFP/Getty Images VIA CNBCCEO Tesla Elon Musk.

LOS ANGELES, KOMPAS.com - Elon Musk pastikan kerahasiaan informasi yang didapat Tesla, setelah China mencurigai bahwa kendaraannya digunakan sebagai mata-mata AS dengan adanya perangkat kamera dan sensor di mobilnya.

Melansir Daily Star pada Sabtu (20/3/2021), perusahaan Elon Musk, Tesla, mendapatkan imbas dari perang dagang yang masih berlangsung antara China dan AS dengan mencurigai perusahaan itu berperan untuk spionase.

Militer China melarang setiap mobil Tesla memasuki salah satu fasilitas mereka, dengan mengatakan bahwa ada ancaman keamanan dari mobil yang dilengkapi kamera dan sensor itu.

Baca juga: AS-China Saling Serang Masalah Rasialisme dalam Pertemuan Majelis Umum PBB

Bos Tesla angkat bicara soal tuduhan China yang baginya tidak masuk akal. Ia mambantah perusahaannya memainkan peran sebagai mata-mata untuk AS terhadap China.

Ia mengungkapkan bahwa aksi spionase oleh perusahaan itu sama artinya bunuh diri secara komersial.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jika perusahaan komersial benar-benar terlibat dalam kegiatan mata-mata, efek negatifnya sangat buruk bagi perusahaan itu," ujar Musk dalam China Development Forum melalui tautan video.

Baca juga: Ketegangan Mendalam AS-China Tandai Awal Pemerintahan Biden

Pendiri SpaceX itu melanjutkan dengan menerangkan bahwa tindakan spionase berdampak buruk terhadap kepercayaan pelanggan yang berakibat dapat tutupnya semua cabang Tesla di seluruh dunia.

"Jika Tesla menggunakan mobil untuk memata-matai di China atau di mana pun, di negara mana pun...(akibatnya) kami akan tutup di mana pun juga."

Meyakinkan forum, Musk memastikan kerahasiaan informasi yang didapat oleh perusahaannya.

Baca juga: Diplomat AS: Susah Bicara dengan China

Ia menekankan bahwa keinginan Tesla adalah untuk bisnis dengan "insentif yang sangat kuat bagi kami untuk sangat merahasiakan informasi apa pun."

Halaman:

Sumber Daily Star
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.