Jepang telah Cabut Peringatan Tsunami Pasca-gempa 7,2 Magnitudo

Kompas.com - 21/03/2021, 07:33 WIB
Ilustrasi gempa ShutterstockIlustrasi gempa

TOKYO, KOMPAS.com - Jepang mencabut semua peringatan tsunami satu jam setelah terjadi gempa bumi 7,2 magnitudo pada Sabtu (20/3/2021) sekitar pukul 18.09 waktu setempat di lepas pantai timur laut.

Informasi terbaru tersebut disampaikan penyiar NHK setelah memperingatkan masyarakat untuk tidak mendekati pantai, seperti yang dilansir dari Reuters pada Sabtu (20/3/2021)

Gempa 7,2 magnitudo di kedalaman 60 Km lepas pantai Prefektur Miyagi, Jepang, dilaporkan mengguncang gedung-gedung di Tokyo sekitar 400 Km jauhnya.

Baca juga: Perusahaan Jepang Beri Karyawan Cuti 10 Hari saat Idolanya Menikah atau Pensiun

Namun, sejauh ini tidak ada korban tewas atau cedera.

Seorang pejabat badan meteotologi mengatakan kepada wartawan bahwa itu adalah gempa susulan dari gempa mematikan pada 2011.

Pada Maret 2011, salah satu gempa bumi terkuat pernah terjadi di area yang sama dengan efek lebih menghancurkan diikuti tsunami setinggi 1 meter.

Baca juga: Gempa M 7,2 Jepang Berpotensi Tsunami, KBRI Tokyo Pantau Kondisi WNI

Sebelum gempa pada Sabtu (20/3/2021), telah terjadi gempa berkekuatan 7,3 magnitudo di area yang sama pada Februari, dan dianggap sebagai gempa susulan dari peristiwa 2011 lalu, kata para ahli.

Shizue Onodera, salah satu warga yang bekerja di toko di kota Ishinomaki di Prefektur Miyagi, mengatakan kepada NHK bahwa gempa bumi pada Sabtu (20/3/2021), menimbulkan guncangan yang sangat buruk dan berlangsung lama.

Baca juga: Gempa Jepang M 7,2 di Miyagi, Peringatan Tsunami 1 Meter, Tak Ada Korban Jiwa

“Bahkan lebih lama dari gempa Februari, tapi setidaknya bangunan di sini baik-baik saja,” kata Shizue Onodera kepada NHK dari toko tempat dia bekerja di kota Ishinomaki.

“Banyak botol pecah di lantai,” katanya, menambahkan bahwa listrik masih menyala saat itu.

Halaman:

Sumber REUTERS
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X