Perusahaan Jepang Beri Karyawan Cuti 10 Hari saat Idolanya Menikah atau Pensiun

Kompas.com - 20/03/2021, 20:27 WIB
Shimazaki Haruka atau Paruru, member idol group Jepang AKB48 Dok AKB48Shimazaki Haruka atau Paruru, member idol group Jepang AKB48

TOKYO, KOMPAS.com - Sebuah perusahaan di Jepang mengeluarkan kebijakan unik, yaitu memberikan karyawanan cuti 10 hari ketika ada idolanya yang menikah atau pensiun dari industri hiburan.

Melansir World of Buzz pada Jumat (19/3/2021), sebuah perusahaan agensi kreatif yang berbasis di Tokyo bernama Hiroro, mengeluarkan inisiatif baru untuk menjaga kesehatan menatal karyawannya.

Mengingat, di Jepang terkenal dengan budaya gila kerjanya yang kurang sehat atau istilahnya "karoshi" yang artinya "mati karena terlalu banyak berkerja".

Baca juga: Gempa M 7,2 Jepang Berpotensi Tsunami, KBRI Tokyo Pantau Kondisi WNI

Pendiri dan presiden perusahaan, Shizen Tsurumi mengunggah pengumuman di akun Twitter-nya bahwa perusahaannya memberikan hak kepada karyawannya untuk mendapatkan cuti berbayar saat idola favorit mereka menikah atau pensiun dari indutri hiburan.

Menurut Sora News 24, sistem tersebut disebut juga Sistem Liburan Oshi. Oshi adalah istilah yang digunakan komunitas penggemar untuk idola.

Baca juga: Gempa Jepang M 7,2 di Miyagi, Peringatan Tsunami 1 Meter, Tak Ada Korban Jiwa

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam sistem liburan Oshi dibagi beberapa bagian. Untuk oshi yang pensiun, karyawan diberi hak untuk cuti 3-10 hari.

Karyawan dapat mengajukan cuti 10 hari ketika oshi terfavorit mereka pensiun. Sedangkan untuk oshi yang berada di urutan favorit ke-2 atau lebih rendah lagi, karyawan memiliki hak cuti 3 hari.

Tidak hanya ketika oshi mereka pensiun, karyawan juga mendapatkan hak cuti berbayar 10 hari ketika oshi mereka menikah.

Baca juga: BREAKING NEWS: Gempa M 7,2 di Jepang, Berpotensi Tsunami

Hak 10 hari cuti ketika oshi menikah dapat digunakan karyawan secara terpisah, yaitu saat idola itu bertunangan dan sisa harinya bisa digunakan saat idola itu melangsungkan upacara pernikahan.

Tidak hanya di situ saja, sistem liburan oshi ini juga memberikan hak kepada karyawan untuk meminta waktu libur untuk menghadiri konser oshi dan acara meet and greet sang idola.

Untuk mendapatkan izin cuti pun dikatakan tidak memerlukan waktu lama, sehingga memungkinkan untuk mengajukan izin mendadak saat idola mereka mengumumkan acara beberapa jam sebelum dimulai.

Baca juga: Tekanan Pandemi Covid-19 Mereda, Jepang Cabut Status Darurat di Tokyo

Tsurumi mengambil kebijakan itu berdasarkan dua pengalaman karyawan yang dihadapinya.

Pengalaman pertama, ketika seorang karyawan modelnya kurang fokus dan tidak kooperatif karena idolanya Nana Mizuki, seorang aktris pengisi suara anime dan penyanyi mengumumkan pernikahannya.

Peristiwa kedua adalah ketika karyawan lainnya sedih karena idola favoritnya mengumumkan pengunduran diri dari industri hiburan.

Baca juga: AS dan Jepang Waspadai Perilaku Menantang China


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X