BREAKING NEWS: Gempa M 7,2 di Jepang, Berpotensi Tsunami

Kompas.com - 20/03/2021, 16:53 WIB
Ilustrasi gempa bumi ShutterstockIlustrasi gempa bumi

MIYAGI, KOMPAS.com - Jepang diguncang gempa bumi berkekuatan 7,2 magnitudo pada Sabtu (20/3/2021) sekitar pukul 18.09 waktu setempat.

Badan Meteorologi Jepang (JMA) lalu mengeluarkan peringatan tsunami, setelah gempa di kawasan pantai timur laut tersebut.

Melansir AFP, gempa Jepang kali ini melanda perairan Pasifik di wilayah Miyagi dengan kedalaman 60 kilometer. Miyagi bersebelahan dengan prefektur Fukushima lokasi gempa bulan lalu.

JMA mengeluarkan peringatan gelombang tsunami sekitar setinggi 1 meter.

Baca juga: 10 Gempa Terbesar di Dunia sejak 1900, Termasuk Tsunami Aceh

Sebelumnya Jepang sempat diguncang gempa 7,3 magnitudo di Fukushima pada Sabtu (13/2/2021) tengah malam, yang lokasinya berdekatan dengan tsunami 2011.

Japan Times kala itu mewartakan, pusat gempa berada di kedalaman 60 kilometer lepas pantai Prefektur Fukushima, pada pukul 23.08 waktu setempat.

Kemudian New York Times melaporkan, pusat gempa berada dekat lokasi gempa dan tsunami dahsyat hampir 10 tahun lalu yang meruntuhkan 3 reaktor nuklir.

Gempa tersebut tidak berisiko tsunami, tetapi memicu tanah longsor dan melukai 100 orang.

Baca juga: Gempa Jepang 7,3 Magnitudo Lukai 100 Orang, Picu Tanah Longsor

Gempa Fukushima juga membuat operasional kereta api terhenti, dan aliran listrik terputus ke ribuan warga.

Tv nasional Jepang NHK melaporkan, sekitar 100 orang luka-luka. Sebagian besar terluka karena terkilir saat jatuh di tangga dan tergores pecahan kaca.

Juga tidak ada laporan tentang kerusakan parah, tetapi berita lokal menayangkan foto-foto tanah longsor di jalan raya.

Baca juga: Gempa Jepang M 7,2 di Miyagi, Peringatan Tsunami 1 Meter, Tak Ada Korban Jiwa


Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X