AS Limpahkan 2,7 Juta Vaksin AstraZeneca Tak Terpakai ke Meksiko

Kompas.com - 20/03/2021, 14:51 WIB
Vaksin AstraZeneca flickrVaksin AstraZeneca

MEXICO CITY, KOMPAS.com - Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador berterima kasih kepada Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden atas pinjaman vaksin Covid-19 bagi negaranya.

Biden disebut telah setuju memberikan 2,7 juta vaksin Covid-19 sebagai pinjaman ke Meksiko, untuk membantu mengimbangi kekurangan dalam upaya inokulasinya.

“Pemerintah AS telah memutuskan untuk membantu kami dan mengirimkan 2,7 juta dosis vaksin AstraZeneca,” kata Lopez Obrador dalam jumpa pers Jumat (19/3/2021) di negara bagian timur Veracruz melansir Al Jazeera.

Menurutnya kesepakatan itu dicapai dengan syarat-syarat yang baik untuk Meksiko. Dia berharap vaksin akan datang minggu depan.

“Saya khususnya berterima kasih kepada Presiden Biden, karena saya membahas masalah ini dengannya dua bulan lalu, ketika kami melakukan percakapan telepon.”

Karena penundaan dalam pengiriman yang dijanjikan, Meksiko berusaha keras untuk mendapatkan cukup vaksin untuk rencana inokulasinya.

Alhasil negara Amerika Latin ini semakin bergantung pada Rusia dan China untuk mengamankan dosis.

Baca juga: Sejumlah Negara di Eropa Kembali Gunakan Vaksin Virus Corona AstraZeneca

Lopez Obrador sejak awal berniat meminta Biden untuk meminjamkannya vaksin, terutama vaksin AstraZeneca, yang belum diizinkan untuk digunakan di AS.

Sebelumnya menjelang pertemuan bilateral pada awal Maret, Gedung Putih menyatakan tidak akan meminjamkan vaksin ke Meksiko atau negara lain. AS awalnya menyebut akan fokus pada kampanye vaksinasi sendiri.

Tetapi pada Kamis (18/3/2021), Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki mengonfirmasi kesepakatan tersebut.

Halaman:
Baca tentang

Sumber Al Jazeera
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X