Ceko Buka Kantor Diplomatik di Yerusalem, Palestina dan Liga Arab Murka

Kompas.com - 14/03/2021, 15:58 WIB
Kota Yerusalem, dianggap kota suci dan diperebutkan Palestina dan Israel. FREEPIK/DRAWNHY97Kota Yerusalem, dianggap kota suci dan diperebutkan Palestina dan Israel.

RAMALLAH, KOMPAS.com – Republik Ceko secara resmi membuka kantor diplomatiknya di Yerusalem pada Kamis (11/3/2021).

Kantor diplomatik tersebut berafiliasi dengan kantor Kedutaan Besar Republik Ceko untuk Israel yang terletak di Tel Aviv.

Peresmian kantor diplomatik di Yerusalem tersebut bahkan dihadiri langsung oleh Perdana Menteri Republik Ceko Andrej Babis sebagaimana dilansir Reuters.

Babis menganggap Israel sebagai "mitra strategis" mereka dan memuji kantor baru tersebut sebagai tonggak penting dalam kerja sama keduanya.

Baca juga: Yerusalem Diselimuti Salju, Pertama Kalinya dalam 6 Tahun

Pembukaan kantor diplomatik tersebut berselang dua pekan setelah Israel mengirimkan 5.000 dosis vaksin Covid-19 Moderna ke Republik Ceko di bawah program “diplomasi vaksin”.

Pembukaan kantor diplomatik tersebut mendapat kecaman dari Palestina dan Liga Arab pada Sabtu (13/3/2021).

Kementerian Luar Negeri Palestina menyebut langkah Praha itu sebagai serangan secara terang-terangan terhadap rakyat Palestina dan hak-hak mereka.

Kementerian itu menambahkan, pembukaan kantor diplomatik tersebut merupakan pelanggaran yang sangat mencolok di mata hukum internasional.

Baca juga: Pemerintahan Joe Biden Masih Akui Yerusalem Ibu Kota Israel

Pembukaan kantor diplomatik itu juga dianggap membahayakan prospek perdamaian ke depan.

Di Mesir, Sekretaris Jenderal Liga Arab Ahmed Aboul Gheit mengatakan bahwa Yerusalem Timur adalah tanah yang diduduki di bawah hukum Internasional.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X