Video di Perbatasan Meksiko Ungkap Cara Pencari Suaka Masuk ke AS

Kompas.com - 13/03/2021, 20:25 WIB
Barisan migran menunggu perahu kecil penyelundup manusia untuk mengangkut mereka dari Meksiko ke AS. @JAESON_JONES via TwitterBarisan migran menunggu perahu kecil penyelundup manusia untuk mengangkut mereka dari Meksiko ke AS.

TEWAS, KOMPAS.com - Rekaman Video pada Kamis (11/3/2021) menunjukkan sejumlah migran menunggu rakit untuk menyelundupkan manusia melintasi perbatasan dari Meksiko ke Amerika Serikat (AS).

Klip yang direkam oleh mantan manajer Pusat Operasi Keamanan Perbatasan Jaeson Jones menunjukkan barisan migran di tanggul Rio Grande.

Perahu kecil mulai terlihat dengan penyelundup mengenakan penutup wajah untuk menyembunyikan identitas mereka.

Melansir The Sun pada Jumat (12/3/2021), video itu juga dibagikan oleh berbagai politisi termasuk Anggota Parlemen AS dari Republik Chip Roy yang menyalahkan Presiden AS Joe Biden atas lonjakan migran yang berusaha melintasi perbatasan selatan.

Roy menuduh pemerintahan Biden menggunakan migran sebagai "pion politik." Dia mengatakan para migrain terluka dan dibunuh karena mengikuti "janji palsu tentang amnesti" dari Presiden Amerika ke-46 itu.

Baca juga: Kondisi Honduras Memprihatinkan, Lebih dari 8.000 Orang Nekat Migrasi ke AS Melalui Perbatasan Guatemala

Customs and Border Protection (CBP) menahan atau memproses 100.441 migran bulan lalu. Hampir 10.000 di antaranya adalah anak di bawah umur tanpa pendamping.

Biden pekan lalu mengatakan tidak ada krisis di perbatasan.

Pimpinan Departemen Keamanan Dalam Negeri AS Alejandro Mayorkas juga menolak menyebut situasi ini sebagai krisis dan malah mengatakan itu adalah "tantangan".

Sementara itu, Koordinator Perbatasan Selatan AS Roberta Jacobson dalam jumpa pers Gedung Putih mengakui kebijakan pemerintah mungkin telah mendorong peningkatan pencari suaka di perbatasan.

Jacobson mengatakan itu bukan "kebetulan" bahwa upaya untuk melintasi perbatasan melonjak setelah Biden menjadi presiden.

Halaman:

Sumber The Sun
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X