Biden Akan Tandai "Hari Kemerdekaan" Amerika dari Covid-19 pada 4 Juli

Kompas.com - 12/03/2021, 17:58 WIB
Presiden Joe Biden berhenti untuk berbicara dengan wartawan saat dia berjalan ke Marine One untuk berangkat dari South Lawn Gedung Putih ke Camp David, Jumat (12/2/2021) AP PHOTO/ALEX BRANDONPresiden Joe Biden berhenti untuk berbicara dengan wartawan saat dia berjalan ke Marine One untuk berangkat dari South Lawn Gedung Putih ke Camp David, Jumat (12/2/2021)

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Joe Biden berharap Amerika akan menandai "Hari Kemerdekaan" dari Covid-19 pada 4 Juli, sejalan dengan vaksinasi dapat digalakkan kepada seluruh masyarakat.

Dalam pidato pertama Biden sebagai presiden, ia mengatakan akan memerintahkan negara bagian untuk membuat semua orang dewasa memenuhi syarat agar dapat melakukan vaksinasi paling lambat pada 1 Mei, seperti yang dilansir dari BBC pada Jumat (12/3/2021).

Tindakan saat ini memprioritaskan orang berdasarkan usia atau kondisi kesehatan.

Biden berbicara tepat setahun setelah wabah diklasifikasikan sebagai pandemi global.

Baca juga: Biden Kecam Kejahatan Rasial Asia-Amerika Selama Pandemi Covid-19

Setengah juta orang Amerika telah meninggal, lebih dari jumlah korban tewas akibat Perang Dunia I, Perang Dunia II, dan Perang Vietnam, jika digabungkan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sekolah ditutup, bisnis ditutup, dan orang-orang dipisahkan jarak sosial.

Dalam pidatonya, Biden menetapkan jadwal untuk memungkinkan kelompok kecil bertemu lagi.

"Jika kita melakukan ini bersama-sama, pada 4 Juli, ada peluang bagus Anda, keluarga, dan teman Anda bisa berkumpul di halaman belakang rumah atau di lingkungan Anda serta mengadakan acara memasak atau barbekyu dan merayakan Hari Kemerdekaan," kata Biden.

Ia meramalkan bahwa negara tidak hanya bisa merayakan hari kemerdekaan, tetapi juga "kemerdekaan dari virus ini (Covid-19)".

Sistem kesehatan AS yang rumit dan masing-masing negara bagian bertanggung jawab atas kebijakan kesehatan masyarakat.

Halaman:

Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X