Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Negara Eropa Bisa Tetap Pakai Vaksin AstraZeneca Saat Kasus Pembekuan Darah Diselidiki

Kompas.com - 12/03/2021, 17:05 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

AMSTERDAM, KOMPAS.com - Negara-negara Eropa bisa tetap memakai vaksin Covid-19 AstraZeneca, saat Badan Obat-obatan Eropa (EMA) menyelidiki kasus pembekuan darah peserta vaksinasi.

Akibat kasus pembekuan darah tersebut, sembilan negara Eropa menangguhkan penyuntikan vaksin virus corona AstraZeneca, seperti Denmark, Norwegia, Islandia, dan Italia.

Ada 30 kasus tromboemboli dari 5 juta orang yang disuntik vaksin corona di Eropa sejauh ini, kata EMA yang berbasis di Amsterdam, Belanda.

Baca juga: Negara-negara Eropa Ramai Tunda Vaksin AstraZeneca, Italia dan Perancis Beda Suara

"Komite keamanan EMA menegaskan... manfaat vaksin lebih banyak dari risikonya dan vaksin dapat terus diberikan saat penyelidikan kasus tromboemboli sedang berlangsung," kata EMA dikutip dari AFP.

"Saat ini tidak ada indikasi bahwa vaksinasi menyebabkan kondisi ini, yang tidak terdaftar sebagai efek samping vaksin ini."

EMA melanjutkan, keputusan Denmark adalah tindakan pencegahan saat penyelidikan sedang berlangsung mengenai laporan pembekuan darah, termasuk satu kasus di Denmark yang berujung kematian.

Baca juga: Thailand Mendadak Tunda Vaksin AstraZeneca, Ikuti Langkah 8 Negara Eropa

Dari 30 kasus pembekuan darah di seluruh Benua Biru, dikatakan bahwa jumlah kejadian tromboemboli pada orang yang divaksinasi tidak lebih tinggi dari jumlah yang terlihat pada populasi umum.

Wilayah operasi EMA mencakup 27 negara Uni Eropa ditambah Norwegia, Islandia, dan Lichtenstein.

Selain Denmark, Norwegia, Islandia, dan Italia, Austria juga menangguhkan penyuntikan vaksin AstraZeneca, setelah seorang perawat berusia 49 tahun meninggal karena pembekuan darah yang parah beberapa hari setelah disuntik.

Estonia, Latvia, Lituania, dan Luksemburg juga menangguhnkan penyuntikan batch vaksin AstraZeneca yang sama dengan Austria.

Baca juga: 8 Negara Eropa Tangguhkan Vaksin AstraZeneca, Kemenkes: RI Tetap Pakai

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com