Perseverance Kumpulkan Sampel Pertama di Mars, Bakal Ungkap Kehidupan Masa Lampau Planet Merah

Kompas.com - 11/03/2021, 11:13 WIB
Tangkapan layar pgambar pertama yang diterima NASA dari Perseverance setelah mendarat NASATangkapan layar pgambar pertama yang diterima NASA dari Perseverance setelah mendarat

PARIS, KOMPAS.com – Sepaket instrumen yang dikenal sebagai SuperCam yang ada di wahana penjelajah Mars milik NASA, Perseverance, telah mengumpulkan sampel pertamanya dalam perburuan kehidupan masa lampau di Planet Merah.

Laporan itu disampaikan oleh para ilmuwan yang menjalankan misi Perseverance pada Rabu (10/3/2021) sebagaimana dilansir AFP.

Sampel yang kemungkinan dibawa ke bumi beberapa tahun mendatang tersebut akan memberikan informasi kepada ilmuwan ihwal kehidupan masa lampau di Planet Merah.

Presiden Pusat Studi Antariksa Nasional (CNES) Perancis, Jean-Yves le Gall, mengatakan hal tersebut melalui kolom komentar di YouTube.

Baca juga: Dari Kutub Utara hingga Mars, Para Wanita Ini Membuat Sejarah Selama Pandemi

"Potongan Mars ini dapat menjawab pertanyaan yang menarik dan mendasar ini: apakah pernah ada kehidupan di tempat lain selain Bumi,” ujar Gall.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah tujuh bulan berada di luar angkasa, Perseverance mendarat dengan mulus di permukaan Mars pada Februari.

Wahana penjelajah itu juga mengirimkan gambar hitam-putih yang menunjukkan bidang berbatu Kawah Jezero, tepat di utara ekuator Mars.

Wakil Kepala Direktorat Misi Sains NASA, Thomas Zurbuchen, mengatakan bahwa komponen penting dari misi tersebut adalah SuperCam dan dipasang di tiang Perseverance.

Baca juga: Robot Perseverance Berhasil Test Drive di Mars, Kabar Baik buat NASA

Alat itu seukuran kotak sepatu, dikemas dengan spektrometer, laser, dan perangkat perekam audio untuk menganalisis kimia, mineralogi, dan komposisi molekul permukaan Mars.

Laser SuperCam dapat menggerakkan objek yang lebih kecil dari ujung pensil sejauh tujuh meter dan memungkinkan pengamatan titik-titik di luar jangkauan lengan robotik Perseverance.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X