Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Keluarkan Pernyataan, Ratu Elizabeth II Terlibat Pembicaraan Krisis Kerajaan

Kompas.com - 10/03/2021, 10:20 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

LONDON, KOMPAS.com – Sebelum mengeluarkan pernyataan resmi, Ratu Elizabeth II dilaporkan terlibat dalam pembicaraan krisis di dalam keluarga kerajaan Inggris.

Menurut The Times, sang ratu sebelumnya menolak untuk menandatangani pernyataan yang disiapkan oleh para pejabat untuk mengomentari wawancara Pangeran Harry dan Meghan Markle dengan Oprah Winfrey.

Seorang sumber dari kerajaan Inggris, sang ratu yang berusia 94 tahun itu ingin mengambil waktu barang sejenak sebelum Istana Buckingham mengeluarkan tanggapan.

Melansir 7 News, Ratu Elizabeth mengatakan pernyataan itu perlu dikeluarkan melalui pertimbangan yang cermat.

Baca juga: Ratu Elizabeth II Sedih Dengar Pengalaman Rasial Anak Pangeran Harry dan Meghan Markle

Seorang mantan pembantu senior kerajaan Inggris mengatakan, kemungkinan tiga bangsawan paling senior yakni Ratu Elizabeth II, Pangeran Charles, dan Pangeran William akan mengadakan pertemuan dengan sekretaris pribadi dan kepala komunikasi.

"Ini sangat penting dan mereka harus menilai dengan benar," kata mantan ajudan itu, menambahkan Ratu akan mengambil keputusan akhir.

Wawancara Meghan dan Harry telah banyak dibandingkan dengan krisis atas kematian Putri Diana dan pengunduran diri Edward VIII pada 1936.

Hingga akhirnya, Ratu Elizabeth II mengeluarkan pernyataan yang dikeluarkan Istana Buckingham pada Selasa (9/3/2021).

Baca juga: Ratu Elizabeth II Disebut Tak Pertanyakan Warna Kulit Anak Pangeran Harry-Meghan Markle

Dalam pernyataan tersebut, sang ratu mengaku sedih mendengar kesulitan yang dihadapi Harry dan Meghan tentang sikap rasialisme terhadap anak mereka.

Ratu Elizabeth juga berjanji untuk menangani masalah rasial tentang putra pasangan itu bersama anggota keluarga kerajaan secara pribadi.

Dalam wancaranya dengan Oprah Winfrey, Meghan menuduh keluarga kerajaan Inggris mengkhawatirkan tentang seberapa gelap kulit putra mereka, Archie.

“Seluruh keluarga (kerajaan) sedih mengetahui seberapa menantangnya hal yang dialami Harry dan Meghan dalam beberapa tahun ini,” bunyi pernyataan itu.

Baca juga: Perawatan Jantung Pangeran Philip Suami Ratu Elizabeth II Sukses

Pernyataan itu menambahkan, isu yang diangkat pasangan itu, khususnya ras, sangat memprihatinkan.

“Meski beberapa ingatan mungkin berbeda, ingatan itu ditanggapi dengan sangat serius dan akan ditangani oleh keluarga secara pribadi,” sambung pernyataan itu.

“Harry, Meghan, dan Archie akan selalu menjadi anggota keluarga yang sangat dicintai,” pungkas pernyataan tersebut.

Baca juga: Setelah Kritik Meghan Markle, Pembawa Acara TV Mengundurkan Diri

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com