Biden Tangguhkan Serangan Pesawat Tak Berawak AS di Zona Perang

Kompas.com - 09/03/2021, 12:10 WIB
Pasukan keamanna di Somalia. ANADOLUPasukan keamanna di Somalia.

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Joe Biden menangguhkan serangan pesawat tak berawak di luar zona perang di mana pasukan AS beroperasi.

Ia membalikkan kebijakan Donald Trump, yang memberikan kendali bebas kepada di negara-negara seperti Somalia.

Juru bicara Pentagon, John Kirby mengatakan, setiap serangan pesawat tak berawak yang direncakan terhadap kelompok-kelompok militan di luar Afghanistan, Suriah, atau Irak harus disetujui oleh Gedung Putih.

Kirby menggambarkan langkah itu sebagai "pedoman sementara" yang dikeluarkan untuk "memastikan bahwa presiden memiliki visibilitas penuh atas tindakan signifikan yang diusulkan".

Baca juga: DPR AS Setujui Rencana Joe Biden untuk Paket Stimulus Covid-19 1,9 Triliun Dollar AS

"Langkah itu tidak dimaksudkan untuk menjadi permanen dan tidak berarti menghentikan (serangan)," ucapnya dalam konferensi pers seperti yang dilansir dari AFP pada Selasa (8/3/2021). 

Ia menerangkan bahwa pihaknya secara jelas fokus pada ancaman terus-menerus dari organisasi ekstremis.

"Dan kami jelas masih akan berkomitmen untuk bekerja dengan mitra internasional untuk melawan ancaman tersebut," katanya.

Baca juga: Joe Biden Tekankan ke Raja Salman Kerja Sama Bilateral Kuat dan Transparan

The New York Times mengatakan bahwa pedoman itu secara diam-diam diteruskan kepada komandan militer, setelah Biden menjabat pada 20 Januari, tetapi baru terungkap dalam beberapa hari terakhir.

Sejak hari-hari pertamanya di Gedung Putih pada 2016, Trump telah mengembalikan kontrol yang diberlakukan oleh pendahulunya, Barack Obama, pada operasi bersenjata melawan kelompok ekstremis, dengan mengatakan bahwa dia mempercayai para komandan di lapangan.

Serangan drone dengan cepat berlipat ganda setelah di bawah pemerintaah Trump.

Baca juga: Joe Biden Akan Segera Berbicara dengan Raja Salman dan Rilis Laporan Intelijen Pembunuhan Khashoggi

Halaman:

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X