Selesai Kunjungan di Irak, Paus Fransiskus Pulang ke Vatikan

Kompas.com - 08/03/2021, 15:31 WIB
Pertemuan antara Paus Fransiskus (kanan), dan pemimpin Muslim Syiah Ayatollah Ali al-Sistani (kiri) di Najaf, Irak, Sabtu (6/3/2021) AYATOLLAH ALI AL-SISTANI'S OFFICE via AP Pertemuan antara Paus Fransiskus (kanan), dan pemimpin Muslim Syiah Ayatollah Ali al-Sistani (kiri) di Najaf, Irak, Sabtu (6/3/2021)

BAGHDAD, KOMPAS.com - Paus Fransiskus menyudahi kunjungan kepausan pertamanya di Irak pada Senin (8/3/2021).

Kunjungan ini berlangsung tanpa kendala, meski ada kekhawatiran tentang faktor keamanan dan gelombang kedua virus corona di negara tersebut.

Paus berusia 84 tahun itu menempuh jarak lebih dari 1.400 kilometer di Irak.

Baca juga: Gelar Misa Terakhir di Irak Sebelum Pulang, Ini Ucapan Paus Fransiskus

Ia menyemangati komunitas Kristiani yang populasinya semakin menurun di Irak, dan menjalin keakraban kepada Muslim Syiah dengan bertemu ulama terkemuka Ayatollah Ali Sistani.

"Dalam waktuku di antara kalian, saya mendengar suara kesedihan dan kehilangan, tetapi juga suara harapan dan penghiburan," ujar Paus Fransiskus pada Minggu (7/3/2021) menutup acara publik terakhirnya.

"Sekarang waktunya sudah dekat bagi saya untuk pulang ke Roma. Namun, Irak akan selalu bersamaku, di hatiku," lanjutnya dikutip dari AFP.

Baca juga: Paus Fransiskus Mengutuk Ekstremisme sebagai Pengkhianatan Terhadap Agama

Selama tiga hari penuh di Irak, paus bernama asli Jorge Mario Bergoglio itu memimpin lebih dari 6 kebaktian di jumlah kota sekitar itu, dan berulang kali membangkitkan harapan serta persaudaraan.

Halaman:

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X