Kompas.com - 01/03/2021, 00:26 WIB

CARTAGENA, KOMPAS.com - Laporan rahasia dari dokter hewan pemerintah Spanyol memerintahkan agar 850 ekor sapi dalam kapal Karim Allah dimusnahkan.

Pasalnya ratusan ekor ternak, yang menghabiskan waktu berbulan-bulan di atas kapal melintasi Mediterania tersebut, dinyatakan tidak lagi layak untuk diangkut.

Aktivis hak-hak hewan juga menilai sapi-sapi itu dipelihara dalam kondisi mengerikan di Karim Allah.

Kapal itu berlabuh di pelabuhan Cartagena di Spanyol tenggara sejak Kamis (25/2/2021) setelah berjuang untuk menemukan pembeli sapi selama dua bulan terakhir.

Binatang itu sudah ditolak oleh beberapa negara. Mereka karena khawatir ternak di kapal itu terjangkit virus bluetongue sapi.

Virus tersebut ditularkan oleh serangga dan menyebabkan ketimpangan dan perdarahan pada sapi. Bluetongue disebut tidak memengaruhi manusia.

Laporan dokter hewan menyimpulkan hewan-hewan itu menderita akibat perjalanan yang panjang. Beberapa ekor dinyatakan tidak sehat dan tidak layak untuk diangkut di luar Uni Eropa (UE). Tapi ternak itu juga tidak boleh diizinkan di UE.

Baca juga: Binatang Kecil Pembunuh Ratusan Hewan Ternak di Louisiana

 

Eutanasia akan menjadi solusi terbaik untuk kesehatan dan kesejahteraan mereka, menurut laporan itu seperti dilansir Reuters pada Sabtu (27/2/2021).

Laporan itu tidak menyebutkan apakah ternak itu menderita penyakit bluetongue.

“Itu (virus) bahkan tidak disebutkan, tentu sangat mengejutkan,” kata Miquel Masramon, pengacara yang mewakili pemilik kapal Talia Shipping Line. Kapal itu terdaftar di Lebanon, menurut VesselFinder.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.