Mantan Kepala CIA Desak Biden Tak "Tutup Mata" dan Hukum Keras Putra Mahkota Arab Saudi

Kompas.com - 28/02/2021, 20:16 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Mantan direktur CIA John Brennan mendesak Presiden Joe Biden untuk memberikan sanksi keras kepada Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS).

Melansir Daily Mail pada Minggu (28/2/2021), Brennan mengatakan seharusnya Presiden Joe Biden tidak "menutup mata" terhadap peran Putra Mahkota dalam pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi pada 2018 lalu.

Brennan yang menjabat sebagai kepala CIA dari Maret 2013 hingga Januari 2017 itu menyerukan kepada Biden untuk mencegah Mohammed bin Salman untuk memasuki Amerika Serikat sambil tetap mempertahankan "kemitraan strategis jangka panjang" dengan Arab Saudi.

Baca juga: Para Tokoh di AS Ramai-ramai Minta MBS Dihukum atas Pembunuhan Khashoggi

"Amerika Serikat dan Arab Saudi telah memiliki hubungan strategis jangka panjang yang saya pikir sangat penting untuk kedua negara," ujar Brennan dalam wawancara dengan MSNBC.

"Kerja sama keseluruhan dari energi hingga keamanan, kontra terorisme, dan ekonomi. Oleh karena itu, saya pikir penting kita jaga hubungan yang kuat itu (dengan Arab Saudi)," terangnya.

Namun, Brennana mengatakan bahwa pemerintahan Biden seharusnya tidak "kembali menutup mata atas semua tindakan pemimpin Saudi, termasuk Mohammed bin Salman".

Menurutnya, Biden semestinya mengirimkan "sinyal yang jelas" ke MBS, bahwa "jenis tindakan ini, menindas, menekan, dan membunuh tanpa ampun para aktivis Saudi yang berani berbicara melawannya, adalah sesuatu yang tidak bisa ditoleransi".

Baca juga: Kenapa Keterlibatan Putra Mahkota dalam Pembunuhan Khashoggi Disebut Bisa Guncang Arab Saudi?

"Saya pikir kita dapat membedakan antara hubungan strategis dua negara dan aksi seorang," kata Brennan.

Ia menaruh harapan besar kepada pemerintahan Biden untuk menuntut pertanggungjawaban sang Putra Mahkota Arab Saudi dengan berlakukan aturan bahwa "dia tidak akan bisa datang ke Amerika Serikat untuk kunjungan resmi atau pribadi".

Brennan menambahkan bahwa pejabat pemerintahan Biden tingkat senior juga bisa memberlakukan aturan main untuk MBS tidak akan bisa bertemu dengan mereka.

Baca juga: Reaksi Dunia: Laporan Intelijen AS Soal Pembunuhan Khashoggi dan Peran Putra Mahkota Arab Saudi

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Sumber Daily Mail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.