Deretan Menkes yang Mundur Selama Pandemi Bertambah, Begini Klaimnya

Kompas.com - 27/02/2021, 20:40 WIB
Menteri Kesehatan Ekuador Juan Carlos Zevallos berpose dengan 8000 dosis pertama vaksin Pfizer / BioNTech Covid-19 saat tiba di Bandara Internasional Mariscal Sucre di Quito, pada 21 Januari 2021. AFP PHOTO/RODRIGO BUENDIAMenteri Kesehatan Ekuador Juan Carlos Zevallos berpose dengan 8000 dosis pertama vaksin Pfizer / BioNTech Covid-19 saat tiba di Bandara Internasional Mariscal Sucre di Quito, pada 21 Januari 2021.

QUITO, KOMPAS.com - Belasan Menteri Kesehatan (Menkes) di berbagai dunia mundur selama periode satu tahun pandemi berlangsung. Kini daftarnya bertambah dengan pengunduran diri Menteri Kesehatan Ekuador Juan Carlos Zevallos pada Jumat (26/2/2021) malansir CNN

Keputusan itu diambil setelah departemennya memperbolehkan seorang pejabat universitas menerima vaksin Covid-19 lebih dulu dari kelompok prioritas lainnya.

Presiden Lenin Moreno mengumumkan pengunduran diri Zevallos di Twitter, setelah tindakan tersebut memicu reaksi keras publik.

Dalam unggahannya, surat pengunduran diri menteri tersebut menjelaskan bahwa keputusannya untuk mundur adalah karena "iklim politik saat ini."

Zevallos juga menambahkan pengunduran dirinya dilakukan agar Kampanye Vaksinasi Nasional dapat terus dilanjutkan.

Zevallos, yang mengawasi penanganan Ekuador terhadap pandemi, mendapat kecaman setelah terungkap bahwa Kementerian Kesehatan yang dia pimpin mengundang rektor universitas untuk menerima vaksin lebih dulu. Proses itu dilakukan sebelum petugas kesehatan dan orang tua.

Baca juga: Di Tengah Skandal Vaksin, Menkes Argentina Diminta Presiden Mengundurkan Diri

Jabatan yang dipegang Zevallos sebenarnya baru “seumur jagung”. Dia menggantikan Catalina Andramuno, Menkes Ekuador yang mengundurkan diri pada awal pandemi pada Maret 2020.

Pengunduran diri Menkes sebelumnya terjadi hanya berselang seminggu setelah negara di kawasan Amerika Selatan itu mengumumkan peningkatan 400 kasus dalam waktu kurang dari seminggu.

Saat itu jumlah kasus baru di Ekuador baru mencapai 532 kasus dengan 7 kematian. Negara ini kini telah melaporkan total 281.169 kasus Covid-19 dan 15.669 kematian, menurut Universitas Johns Hopkins.

Zevallos adalah menteri kesehatan Amerika Selatan ketiga yang mengundurkan diri setelah skandal akses vaksin serupa tahun ini.

Halaman:
Baca tentang

Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X