DPR AS Setujui Rencana Joe Biden untuk Paket Stimulus Covid-19 1,9 Triliun Dollar AS

Kompas.com - 27/02/2021, 18:11 WIB
Presiden Joe Biden berhenti untuk berbicara dengan wartawan saat dia berjalan ke Marine One untuk berangkat dari South Lawn Gedung Putih ke Camp David, Jumat (12/2/2021) AP PHOTO/ALEX BRANDONPresiden Joe Biden berhenti untuk berbicara dengan wartawan saat dia berjalan ke Marine One untuk berangkat dari South Lawn Gedung Putih ke Camp David, Jumat (12/2/2021)

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Rencana Presiden Joe Biden untuk paket stimulus Covid-19 sebesar 1,9 triliun dollar AS (Rp 27.228 triliun) telah disetujui oleh DPR.

Melansir BBC pada Sabtu (27/2/2021), pemungutan suara disetujui oleh hampir semua anggota partai Demokrat.

Sementara, 2 Demokrat bergabung dengan Republik, yang melihat dana sebesar itu terlalu mahal.

Baca juga: Trump Minta Kongres Ubah Paket Bantuan Covid-19 yang Mubazir

Sekarang, RUU sedang diajukan ke Senat dengan suara sejauh ini terbagi rata, yang dapat memblokir jalan penggandaan upah minimun AS menjadi 15 dollar AS (Rp 214.958) per jam.

Paket tersebut bertujuan untuk meningkatkan vaksinasi dan pengujian, serta stabilitas ekonomi dari dampak Covid-19.

Uang tunai akan diberikan sebagai bantuan keuangan darurat untuk rumah tangga, usaha kecil, dan pemerintah negara bagian.

Baca juga: Biden Usulkan Kucurkan Dana Rp 26.710 Triliun untuk Dongkrak Ekonomi AS

Pemungutan suara itu dilakukana pada pekan yang sama saat AS mencapai 500.000 jumlah kematian karena Covid-19, yang menjadi jumlag terbesar di dunia.

Dalam pemungutan suara pada Sabtu pagi waktu setempat (20/2/2021), Demokrat hanya unggul tipis, yaitu 219 banding 212.

Biden berusaha memenangkan apa yang dia sebuat sebagai Rencana Penyelamatan Amerika, sebagai jalan untuk membantu warga Amerika yang kesusahan selama masa pandemi Covid-19.

Baca juga: Pernah Jadi “Sarang” Covid-19, Pembersihan Gedung Putih Habiskan Dana Fantastis

Namun, pihak Republik melihat rencana itu terlalu besar dan berisi dengan prioritas Demokrat yang tidak terkait dengan pandemi Covid-19.

Halaman:

Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X