Boeing 777 Mendarat Darurat di Moskwa karena Mesin Rusak

Kompas.com - 26/02/2021, 15:29 WIB
Foto tertanggal 18 Juni 2017 menampilkan logo Boeing di badan pesawat Boeing 787-10 Dreamliner, yang sedang diuji coba untuk dipertunjukkan di Tarmac of Le Bourget, saat malam pembukaan International Paris Air Show. AFP PHOTO/ERIC PIERMONTFoto tertanggal 18 Juni 2017 menampilkan logo Boeing di badan pesawat Boeing 787-10 Dreamliner, yang sedang diuji coba untuk dipertunjukkan di Tarmac of Le Bourget, saat malam pembukaan International Paris Air Show.

MOSKWA, KOMPAS.com - Pesawat Boeing 777 pada Jumat (26/2/2021) melakukan pendaratan darurat di Moskwa, Rusia, karena mengalami kerusakan mesin.

Keterangan itu disampaikan pihak maskapai, dan peristiwanya terjadi hanya beberapa hari setelah insiden mesin United Airlines terbakar.

Boeing 777 yang mendarat darurat ini adalah milik maskapai negara Rusia, Rossiya.

Baca juga: Boeing 777 Dilarang Terbang di Seluruh Dunia Usai Pendaratan Darurat United Airlines

Mereka mengatakan, awaknya melaporkan kesalahan operasi sensor kontrol mesin dalam penerbangan kargo dari Hong Kong ke Madrid, lalu memutuskan untuk mendarat darurat di Moskwa.

Data pelacak penerbangan online yang dikutip AFP mengonfirmasi bahwa pesawat itu berjenis Boeing 777.

Pihak maskapai mengatakan, pendaratan darurat berjalan tanpa insiden dan tidak ada yang terluka.

Baca juga: Buntut Mesin Terbakar di Udara, United Airlines Kandangkan 24 Pesawat Boeing 777

Pesawat akan melanjutkan perjalanan ke Madrid setelah beberapa jam, tambah keterangan tersebut.

Insiden ini terjadi hanya beberapa setelah Boeing mengandangkan puluhan pesawat 777-nya di seluruh dunia, buntut dari mesin United Airlines terbakar dan serpihannya berjatuhan di kota Denver, Colorado, Amerika Serikat (AS).

Belum diketahui apakah Boeing 777 yang mendarat darurat di Moskwa hari ini mesinnya sama dengan United Airlines di Colorado pekan lalu.

Kerusakan mesin kiri United Airlines itu menjadi pukulan baru bagi produsen pesawat asal AS tersebut, yang sebelumnya juga mengandangkan armada lain karena serangkaian kecelakaan fatal.

Baca juga: Mesin Boeing 777 Juga Pernah Mengelupas di Jepang, Ini Videonya


Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X