Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yayasan Temasek Singapura Salurkan 11,65 Juta Masker ke Indonesia Perangi Covid-19

Kompas.com - 26/02/2021, 14:15 WIB
Ericssen,
Ardi Priyatno Utomo

Tim Redaksi

SINGAPURA, KOMPAS.com – Yayasan Temasek Singapura kembali mengulurkan tangan ke Indonesia melalui bantuan terbaru yang diberikan untuk memerangi pandemi Covid-19.

Kali ini yayasan nirlaba ini secara virtual, Rabu (24/2/2021) menyerahkan 11.3 juta masker bedah (surgical mask) dan 350.000 masker reusable mask.

Bantuan diserahkan langsung oleh Chief Executive Temasek Foundation International Benedict Cheong kepada Duta Besar Indonesia untuk Singapura Suryo Pratomo.

Baca juga: Yayasan Temasek Singapura Kembali Salurkan Bantuan ke Indonesia Perangi Covid-19

Prosesi penyerahan juga dihadiri oleh perwakilan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Mabes TNI, serta perwakilan dari instansi pemerintah lainnya.

Khusus untuk masker bedah, sebanyak 9.3 juta masker dialokasikan kepada BPNB, 1 juta kepada Kemenhan, dan 1 juta kepada TNI.

Sementara itu sebanyak 150.000 reusable mask diserahkan kepada pemerintah provinsi Sumatera Selatan, 150.000 kepada Komandan Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) I/Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Pulau Galang, dan 50.000 kepada BPNB.

Bantuan masker ini telah diangkut oleh KRI Semarang milik TNI AL pada 25 Februari dari Changi Naval Base Singapura dan akan dibongkar muat di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Dubes Suryo Pratomo menyampaikan apresiasi kepada Temasek atas dukungan dan kerjasama yang terus terjalin dalam upaya penanganan Covid-19 di Indonesia dengan memberikan berbagai bantuan peralatan medis.

Sementara itu berdasarkan siaran pers yang diterima Kompas.com, Benedict juga menyampaikan terima kasih atas kerjasama semua pihak sehingga penyaluran bantuan dapat terlaksana dengan baik.

Seluruh instansi penerima di Indonesia juga mengucapkan terima kasih kepada Temasek atas bantuan yang diberikan dan kepada Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Singapura yang telah menjembatani penyaluran berbagai bantuan dari Singapura ke Indonesia.

Bukan pertama sekalinya Yayasan Temasek bahu-membahu dengan Indonesia melawan Covid-19.

Yayasan ini tahun lalu telah menyerahkan sejumlah bantuan medis seperti 2.5 juta masker, 624.000 botol Nuvo hand sanitizer, dan 50 unit test kit Fortitude Kit 2.0 ke 3 daerah di Indonesia, yaitu Provinsi Riau, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), dan Kota Jambi.

Tidak ketinggalan, bantuan lainnya yang telah sampai di tanah air adalah ventilator, peralatan biosystem detection, mesin PCR, masker, Alat Pelindung Diri (APD), dam PCR based Test Kit.

Baca juga: Yayasan Temasek Singapura Kirim Bantuan Perangi Covid-19 ke 3 Daerah di Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com