Ghana Negara Pertama Penerima 600.000 Dosis Vaksin Covid-19 Gratis dari Skema Covax PBB

Kompas.com - 25/02/2021, 13:46 WIB
Ghana negara pertama penerima vaksin Covid-19 melalui skema Covax, program PBB. [UNICEF ??Ghana Via BBC] UNICEF Ghana Via BBCGhana negara pertama penerima vaksin Covid-19 melalui skema Covax, program PBB. [UNICEF ??Ghana Via BBC]

ACCRA, KOMPAS.com - Ghana menjadi negara pertama yang menerima vaksin virus corona melalui inisiatif program PBB berbagi vaksin, Covax.

Melansir BBC pada Kamis (25/2/2021), pengiriman 600.000 dosis vaksin AstraZeneca tiba di Accra pada Kamis (25/2/20221) dan penerima pertama dari vaksin Covid-19 di Ghana ini adalah para pekerja kesehatan.

Skema Covax bertujuan untuk mengurangi kesenjangan antara negara kaya dan miskin yang tidak mampu membeli dosis vaksin virus corona.

Baca juga: Ternyata Ini Motif Hacker Korea Utara Retas Data Vaksin Covid-19 Pfizer


Program ini berencana untuk mengirimkan 2 juta vaksin virus corona secara global pada akhir tahun ini.

Ghana yang memiliki populasi 30 juta, dipilih sebagai penerima pertama vaksin gratis setelah menjanjikan distribusi cepat dan memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh Covax.

Pengiriman dosis vaksin virus corona lebih lanjut, aliansi Covax memperkirakan ditujukan ke negara tetangga Ghana, Pantai Gading pada akhir pekan ini.

Baca juga: Rusia Pamer Laboratorium Senjata Biologis yang Diubah Jadi Pabrik Vaksin Covid-19, Begini Isinya

Vaksinasi diperkirakan akan dimulai di Ghana pada pekan depan, yang ditujukan kepada para pekerja kesehatan, masyarakat yang berusia di atas 60 tahun, masyarakat dengan kondisi kesehatan rentan, dan pejabat senior, akan diprioritaskan.

Vaksin Covid-19 yang dikirim ke Accra oleh diproduksi oleh Serum Institute of India dan dikembangkan oleh AstraZeneca dan Oxford University.

Baca juga: Israel Bagikan Vaksin Covid-19 ke Palestina dan Beberapa Negara Bagian di Amerika Tengah

Vaksin tersebut telah disetujui oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan peluncurannya di Ghana bukan bagian dari uji coba.

Dosis yang dikirimmkan ke negara-negara berpenghasilan reendah seperti Ghana adalah pendanaan oleh sumbangan.

Selain pengadaan dan pengiriman vaksin Covid-19, mitra Covax juga mendukung otoritas lokal di berbagai bidang, seperti melatih orang untuk mengelola suntikan dan membantu menyediakan sistem penyimpanan dan pengiriman rantai dingin yang memadai.

Baca juga: Seorang Dokter di Australia Salah Berikan Dosis Vaksin Covid-19 kepada 2 Warga Lansia

Banyak negara di dunia maju, yang memulai memvaksinasi warga masyarakatnya sendiri beberapa bulan lalu, yang kemudian menghadapi kritik, karena membeli atau memesan lebih banyak vaksin Covid-19 dari pada yang mereka butuhkan.

Namun, banyak dari negara-negara itu memesan dosis dengan perusahaan farmasi, yang kemudian diteliti apakah vaksin Covid-19 yang dikembangkan akan efektif.

Baca juga: Bebaskan Warganya yang Ditahan di Suriah, Israel Bayar Pakai Vaksin Covid-19


Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X