Calon Direktur CIA Sebut Kunci Keamanan Nasional AS adalah Perlawanan terhadap China

Kompas.com - 25/02/2021, 10:03 WIB
Lambang CIA. AP PhotoLambang CIA.

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Calon direktur CIA Presiden Joe Biden, William Burns mengatakan bahwa persaingan dengan China dan melawan kepemimpinan "musuh, pemangsa" adalah kunci keamanan nasional AS.

Burns, seorang diplomat yang telah berkarir selama pemerintahan Demokrat dan Republik, mengatakan itu dihadapan komite Senat pada Rabu (24/2/2021).

Melansir Reuters pada Kamis (25/2/2021), diperkirakan Burns ini adalah kandidat kuat dan akan mudah memenangkan posisi sebagai direktur Badan Pusat Intelijen (CIA).

Baca juga: China Perintahkan Pria Bayar Rp 109 Juta kepada Istri untuk Pekerjaan Rumah Tangga Setelah Bercerai

Burns telah dikonfirmasi oleh Senat lima kali untuk tugasnya sebagai duta besar untuk Yordania dan Rusia dan tiga posisi senior di Departemen Luar Negeri.

Komite Intelijen Senat kemungkinan besar akan memberikan suara pada konfirmasinya akhir pekan depan atau pekan berikutnya, untuk memberikan waktu bagi anggota mengirim lebih banyak pertanyaan, kata seorang pejabat kongres.

Bersaksi kepada komite, Burns menguraikan 4 prioritas utamanya, yaitu "masyarakat, kemitraan, China, dan teknologi".

Baca juga: AS-Kanada Sepakat Tangkal Pengaruh China

Dia menyebut China "musuh otoriter yang hebat", yang memperkuat kemampuannya untuk mencuri kekayaan intelektual, menekan rakyatnya, memperluas jangkauannya, dan membangun pengaruh di Amerika Serikat.

Selama tes, Burns mengatakan bahwa jika dia adalah seorang presiden universitas atau perguruan tinggi AS, dia akan merekomendasikan penutupan Institut Konfusius, pusat budaya kampus yang didanai Beijing, yang oleh banyak anggota Kongres dilihat sebagai alat propaganda.

Baca juga: Inggris Tantang China Buka Akses bagi PBB ke Xinjiang

Persaingan dengan China adalah prioritas utama bagi pemerintahan Biden, dan untuk anggota Kongres, yang menginginkan garis keras melawan Beijing.

Avril Haines, Direktur Intelijen Nasional Biden, juga menyerukan “sikap agresif” terhadap ancaman dari China pada sidang bulan lalu.

Halaman:

Sumber REUTERS
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X