Pemimpin Tertinggi Iran Minta Karakter Kartun Perempuan Pakai Hijab

Kompas.com - 24/02/2021, 17:40 WIB
Pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei. AFP PHOTO/IRANIAN SUPREME LEADERPemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei.

TEHERAN, KOMPAS.com - Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, dilaporkan memerintahkan agar karakter kartun perempuan mengenakan hijab.

Dalam pernyataannya, Khamenei menerangkan bahwa karakter wanita di televisi harus ditutupi rambutnya sebagai konsekuensi.

Instruksi itu dikecam oleh aktivis politik, yang menyebut kebijakan Khamenei dinilai "beracun" karena dianggap terobsesi dengan rambut perempuan.

Baca juga: DPR Filipina Setujui RUU Mengenai Peringatan Hari Hijab Nasional

Dalam wawancara dengan Tasnim, Khamenei ditanya apakah dia percaya bahwa karakter di film animasi harus memakai hijab.

Pemimpin Tertinggi Iran sejak 1989 itu menjawab, memakai jilbab di situasi hipotesis seperti itu tidak diperlukan.

"Meski begitu, mengamati pemberian jilbab di film kartun tetap diperlukan sebagai sebuah bentuk konsekuensi," jawabnya.

Khamenei tidak menjabarkan seperti apa "konsekuensi" yang dia maksud. Tetapi dia disebut pernah khawatir jika perempuan tumbuh tanpa menutupi rambutnya.

Dilansir Daily Mail Selasa (23/2/2021), aktivis sekaligus jurnalis Iran Masih Alinejad mengejek ucapan Khamenei itu di Twitter.

Dalam kicauannya, Alinejad mengejek bahwa bukan tidak mungkin karakter seperti lebah betina juga akan dipakaikan jilbab.

Baca juga: Pengadilan Austria Batalkan Larangan Memakai Hijab di Sekolah Dasar

"Obsesi mereka akan hijab begitu mengerikan. Orang-orang seperti ini yang mempunyai kekuasaan di Iran," kritiknya.

Halaman:

Sumber Daily Mail
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X