Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mesin Pesawat United Airlines Terbakar di Udara, Puing-puing Berjatuhan di Permukiman Penduduk

Kompas.com - 21/02/2021, 17:28 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber ABC News

COLORADO, KOMPAS.com - Sebuah pesawat komersial yang terbang di atas Broomfield, Colorado Amerika Serikat (AS), menjatuhkan puing-puing di beberapa lokasi Sabtu (20/2/2021), kata polisi Broomfield.

Administrasi Penerbangan Federal AS (FAA) mesin kanan Boeing 777-200 rusak tak lama setelah lepas landas. Sejak pesawat milik maskapai United Airlines tersebut melakukan pendaratan darurat di Bandara Internasional Denver.

Polisi AS menyatakan tidak ada korban luka yang dilaporkan. Sementara setiap kerusakan pada permukiman penduduk masih dalam penilaian menurut Petugas Informasi Publik Departemen Kepolisian Broomfield, Rachel Welte.

Melansir ABC News, seseorang yang mengetahui situasi tersebut mengatakan penyelidik akan fokus pada kemungkinan kerusakan mesin yang tidak terkendali, berdasarkan getaran yang diamati dalam bukti video dan kerusakan pada cincin penahanan.

Baca juga: Arab Saudi Diserang Drone Houthi, Pesawat Penumpang Kena Tembak

Pihak berwenang merilis foto puing-puing di sekitar rumah penduduk.

"Beberapa puing mendarat di Commons Park dan di lingkungan Northmoor dan Red Leaf. Petugas patroli kami sedang bekerja untuk menemukan semua puing-puing itu," terang pihak kepolisian.

Polisi Broomfield mendesak warga untuk tidak menyentuh puing-puing yang mereka temukan, dan segera melaporkannya ke pihak kepolisian.

"Hal terpenting saat ini adalah kami sekarang mengamankan tempat kejadian," kata Welte dalam konferensi pers.

"Puing-puing itu sangat jauh dan luas (jatuhnya). Jika Anda menemukan pecahan di rumah Anda, di dekat rumah Anda, di lingkungan Anda, mohon jangan menyentuhnya," imbaunya kepada penduduk.

Welte menyatakan Broomfield tampaknya menjadi satu-satunya area yang terkena dampak saat ini. Lokasi Broomfield berjarak sekitar 15 mil di utara Denver tempat pesawat tersebut akhirnya berhasil melakukan pendaratan darurat.

Polisi mulai mendengar laporan dari warga tak lama setelah jam 1 siang waktu setempat, setelah terjadi ledakan keras, yang mereka pikir adalah pesawat jatuh dari langit.

"Fakta bahwa kami masih belum mendapatkan laporan tentang cedera benar-benar mengejutkan saat ini. Luar biasa," ujar Welte.

Baca juga: Boeing Targetkan Pesawat Komersial 100 Berbahan Bakar Berkelanjutan Pada 2030

FAA melaporkan penerbangan United 328 sedang menuju ke Honolulu pada saat itu.

Dalam sebuah pernyataan, United Airlines mengatakan penerbangan itu segera ditangani oleh petugas awak darurat "sebagai tindakan pencegahan" setelah kembali ke Denver.

"Tidak ada korban cedera yang dilaporkan, dan kami akan membagikan lebih banyak informasi saat tersedia," katanya.

Ada 231 penumpang dan 10 awak pesawat. Semua turun dari pesawat dan diangkut kembali ke terminal. Maskapai tersebut mengatakan sekarang sedang mengupayakan agar pelanggan mendapatkan penerbangan baru ke Honolulu selama beberapa jam ke depan.

FAA dan Dewan Keselamatan Transportasi Nasional akan menyelidiki.

Baca juga: Remaja Nebeng di Ruang Roda Pesawat, Terbang dari Inggris ke Belanda

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ABC News

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com