Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Tanzania Minta Rakyatnya Berdoa 3 Hari untuk Hilangkan Wabah Covid-19

Kompas.com - 20/02/2021, 11:19 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

NAIROBI, KOMPAS.com - Presiden Tanzania John Magufuli yang menolak vaksin Covid-19 meminta warganya berdoa selama 3 hari untuk mengalahkan penyakit yang dia sebut "penyakit pernapasan".

Seruan itu datang pada peringatan negara itu yang mencoba bangkit dari wabah infeksi Covid-19 yang mematikan.

"Mungkin kita telah berbuat salah kepada Tuhan dalam suatu hal," kata presiden yang populis itu kepada para pelayat di pemakaman sekretaris utamanya, John Kijazi pada Jumat (19/2/2021).

"Marilah kita semua bertobat," ujarnya dikutip Associated Press (AP).

Baca juga: Berbekal Klaim Bebas Covid-19 dan Pertolongan Tuhan, Presiden Tanzania Tolak Vaksin

Berulang kali presiden itu mengeklaim bahwa Tanzania, negara berpenduduk 60 juta orang itu telah mengalahkan Covid-19 atas bantuan Tuhan.

Pemerintahannya belum memperbarui jumlah kasus infeksi virus corona sejak April 2020 dan kementerian kesehatan negara itu telah mempromosikan pengobatan herbal yang belum terbukti khasiatnya.

Magufuli sendiri kerap mempertanyakan vaksin Covid-19 tanpa memberikan bukti untuk mendukung skeptisnya itu.

Bertolak belakang dengan sikap presiden Magufuli, Gereja Katolik setempat, Kedutaan Besar AS secara terbuka memperingatkan peningkatan kasus infeksi akibat Covid-19.

Baca juga: Cara Aneh Presiden Tanzania Tangani Covid-19, Keampuhan yang Tutupi Sisi Gelap?

Pekan ini, kematian wakil presiden wilayah pulau semi otonom Zanzibar, Seif Sharif Hamad menarik perhatian luas setelah dia dinyatakan tewas akibat Covid-19.

Kematian Hamad adalah "simbol yang jelas bahwa pandemi ini sedang berkecamuk," kata direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Afrika, John Nkengasong, kepada awak media, Kamis.

Berbicara soal tewasnya Hamad dan Kijazi, presiden Tanzania meminta negaranya tetap tenang.

“Kami berhasil mengalahkan penyakit pernapasan ini melalui doa tahun lalu. Saya yakin kami akan melakukannya tahun ini," katanya dalam acara yang disiarkan televisi secara nasional.

Magufuli juga mengumumkan bahwa Menteri Keuangan Philip Mpango telah dirawat di rumah sakit di ibu kota, Dodoma. Dia tidak mengatakan apa penyebab menterinya itu dirawat.

Baca juga: Otoritas Agama Tanzania Desak Presiden untuk Pertimbangkan Sains, Tidak Hanya Pasrah pada Tuhan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com