Menhan Jerman Khawatir Serangan Taliban di Afghanistan Bakal Meningkat

Kompas.com - 19/02/2021, 16:07 WIB
Para anggota Taliban menyerahkan senjata mereka dan bergabung dengan upaya rekonsiliasi serta reintegrasi dari pemerintah Afghanistan di Jalalabad, 25 Juni 2020. REUTERS/PARWIZPara anggota Taliban menyerahkan senjata mereka dan bergabung dengan upaya rekonsiliasi serta reintegrasi dari pemerintah Afghanistan di Jalalabad, 25 Juni 2020.

BRUSSELS, KOMPAS.com – Menteri Pertahanan Jerman Annegret Kramp-Karrenbauer mengatakan bahwa anggota Taliban telah berjanji akan melancarkan lebih banyak serangan terhadap pasukan internaisonal di Afghanistan.

Ancaman itu dilontarkan jika pasukan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) tidak meninggalkan Afghanistan pada 1 Mei.

Pada Kamis (18/2/2021), NATO belum membuat keputusan kapan akan menarik pasukannya dari Afghanistan sebagaimana dilansir dari DW.

Tetapi Sekretaris Jenderal Jens Stoltenberg mengatakan, 1 Mei adalah tenggat waktu terakhir untuk menarik pasukan NATO dari Afghanistan.

Hal itu demi menyongsong bagian dari kesepakatan damai yang dicapai antara Amerika Serikat (AS) dan Taliban tahun lalu.

Setelah pihak Barat mengintervensi Afghanistan dan menelan biasa ratusan milar dollar AS selama dua dekade, negara-negara NATO khawatir akan merusak kemajuan menuju demokrasi.

Baca juga: Taliban Tetap Jalin Hubungan Dekat dengan Al Qaeda Meski Terikat Janji kepada AS

Batas waktu penarikan semakin dekat

"Kami menghadapi banyak dilema, dan tidak ada pilihan yang mudah," kata Stoltenberg kepada wartawan di Brussel.

"Jika kita bertahan setelah 1 Mei, kita menghadapi risiko lebih banyak kekerasan, lebih banyak serangan terhadap pasukan kita sendiri," imbuhnya.

"Tapi jika kita pergi, maka kita juga akan mengambil risiko kehilangan keuntungan yang kita peroleh," sambung mantan Perdana Menteri Norwegia tersebut.

Beberapa serangan yang masih terjadi di Afghanistan mendorong seruan penundaan penarikan pasukan yang disepakati ketika Donald Trump menjadi presiden AS.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X