Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dianggap Terlalu Cantik, Mantan Ratu Kecantikan Ini Dipecat dari Pekerjaannya.

Kompas.com - 18/02/2021, 12:45 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

CLUJ, KOMPAS.com – Wanita mantan model dan pemenang sejumlah kontes kecantikan diperintahkan mengundurkan diri dari pekerjaannya karena dianggap terlalu cantik.

Dilansir dari Malay Mail, Rabu (17/2/2021), wanita tersebut bernama Claudia Ardelean (27) dan bekerja di Rumah Sakit Klinis Pneumophthisiology di Cluj, Romania.

Ardelean, yang memiliki gelar ganda di bidang hukum dan etika Eropa, diberi pekerjaan di Rumah Sakit Klinis Pneumophthisiology pada awal Februari.

Dia diberi pekerjaan sebagai anggota dari dewan direksi rumah sakit sebagai perwakilan dari Dewan Kota Cluj. Padahal, dia tidak digaji untuk menjalankan peran itu.

Baca juga: Sebelum Lengser, Trump Ingin Gedung Pemerintah Jadi Cantik

Merasa senang mendapat pekerjaan tersebut, dia mengungkapkan sukacitanya melalui unggahan di media sosial pada 8 Februari.

“Saya berterima kasih atas kepercayaan dan dukungan dari Partai Liberal Nasional Cluj!” kata Ardelran dalam unggahan tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by CLAUDIA ARDELEAN (@claudiaardelean_)

Unggahannya tersebut kemudian dihapus karena mengundang banyak reaksi yang menyebut bahwa Ardelean diberi jabatan itu hanya karena wajahnya yang dinilai “cantik” saja.

Kritikan tersebut membuat dewan direksi di Dewan Kota Cluj untuk "memikirkan kembali" keputusan mereka.

Baca juga: Perjuangan Menyelamatkan Gedung-gedung Cantik Peninggalan Kekaisaran Ottoman dan Perancis di Lebanon

Setelah itu, Dewan Kota Cluj Ardelean untuk segera mengundurkan diri dari jabatannya.

Ardelean mengatakan kepada portal berita lokal bahwa dia terkejut dengan keputusan terbaru Dewan Kota Cluj dan kritikan yang diterimanya di media sosial.

“Reaksi beberapa orang dangkal sekali. Menurut CV saya, saya memiliki keterampilan dan pendidikan yang diperlukan untuk mengisi posisi itu,” kata Ardelean kepada Business Magazin.

Ardelean juga aktif mengejar karier di bidang politik dan sebelumnya menjabat sebagai anggota Partai Liberal Nasional Cluj.

Baca juga: Dipercaya Bawa Hoki, Nomor Cantik Berakhiran 88888 Laku Rp 4,8 Miliar

“Sayangnya, di Romania, masih ada prasangka seperti ini. Tapi saya percaya bahwa kecantikan tidak boleh memengaruhi atau menghalangi karier profesional seseorang,” imbuh Ardelean.

Presiden Dewan Kota Cluj Alin Tise mengatakan pada pekan lalu bahwa dia merasa tidak enak karena memaksa Ardelean mengundurkan diri dari pekerjaannya.

Tetapi, dia menegaskan bahwa keputusan itu harus diambil untuk menghindari kecurigaan atau prasangka yang buruk tentang pengangkatannya.

“Saya sangat menyesali keputusan itu. Saya meminta pengunduran diri Claudia Ardelean. Padahal dia adalah anggota dewan (direksi) yang tidak dibayar,” katanya kepada media lokal Click.

“Dari sudut pandang profesional, Nyonya Ardelean memiliki kualifikasi yang diperlukan. Namun, untuk menghindari keraguan, kecurigaan, atau tanda tanya tentang penunjukan ini, kami meminta pengunduran dirinya segera,” ujar Tise.

Baca juga: Gunakan Gambar Wanita Cantik, Hamas Gagal Retas Ponsel Tentara Israel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com