Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembangkangan Sipil Myanmar Meningkat, "Gerakan Mobil Mogok” Blokade Jalan-jalan

Kompas.com - 17/02/2021, 16:07 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber BBC, CNN


YANGON, KOMPAS.com - Lusinan kendaraan memblokir beberapa persimpangan di kota utama Myanmar, Yangon. Gerakan ini tampaknya merupakan taktik baru yang digunakan oleh pengunjuk rasa pada Rabu (17/2/2021).

BBC melaporkan protes kali ini hampir melumpuhkan lalu lintas di pusat kota Yangon. Puluhan ribu orang masih terus turun ke jalan-jalan di kota dalam apa yang diharapkan penyelenggara menjadi protes terbesar, setelah Suu Kyi dijatuhi tuntutan pidana kedua dalam sidang tersembunyi Selasa (16/2/2021).

Demonstran menuntut pembebasan pemimpin terpilih mereka segera dibebaskan setelah penahanan yang dilakukan militer menyusul kudeta militer pada 1 Februari.

Militer Myanmar pada Selasa (16/2/2021) juga mengulangi janjinya untuk mengadakan pemilihan baru dan melepaskan kekuasaan, meskipun banyak pengunjuk rasa tetap skeptis.

Baca juga: Aung San Suu Kyi Dapat Dakwaan Tambahan dalam Sidang yang Digelar Secara Tersembunyi

 

Hari pemblokiran jalan

Kampanye di media sosial menyerukan pengunjuk rasa untuk sengaja memblokir jalan. Gerakan ini mulai mendapatkan daya tarik pada Rabu pagi (17/2/2021).

Tujuannya rupanya untuk menghentikan pegawai negeri pergi bekerja dan menghambat pergerakan pasukan keamanan.

Aksi "Hari Pemblokiran Jalan" ini, telah terlihat banyak memposting gambar kendaraan secara online. Masyarakat memarkir mobil dengan kap mesin mobil sengaja dibuka, seolah kendaraannya benar-benar mogok di tengah jalan Yangon. Jalan-jalan akhirnya tidak dapat dilewati lalu lintas.

Protes tersebut adalah yang terbaru dari gerakan pembangkangan sipil yang meningkat di negara itu. Sebelumnya pemogokan dilakukan oleh para dokter dan guru, serta pemboikotan produk dan layanan yang dimiliki oleh militer.

Baca juga: Keempat Kalinya Akses Internet Myanmar Diblokir Junta Militer

Di tempat lain di Yangon, puluhan ribu orang mengambil bagian dalam protes besar di pusat kota di daerah Sule.

Demonstran telah berkumpul hampir setiap hari selama dua minggu terakhir. Tetapi penyelenggara berharap protes Rabu akan melihat jumlah pemilih terbesar.

"Mari kita mengumpulkan jutaan orang untuk menjatuhkan diktator," tulis Khin Sandar, anggota senior Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) pimpinan Aung San Suu Kyi di Facebook.

"Mari kita berbaris secara massal (dan) menunjukkan kekuatan kita melawan pemerintah kudeta yang telah menghancurkan ... masa depan negara kita."

Tetapi seorang aktivis mengkritik gerakan “mogok kendaraan” itu, mengatakan bahwa mereka justru menahan pengunjuk rasa yang ingin menuju ke pusat kota untuk melakukan protes.

"Hentikan mobil yang rusak dan bantu pengunjuk rasa mencapai Sule (pusat unjuk rasa) secepat mungkin," kata aktivis Maung Saung Kha menurut laporan Reuters.

Para pengunjuk rasa memblokir jembatan dengan mobil mereka selama demonstrasi menentang kudeta militer di Yangon pada Rabu (17/2/2021).AFP PHOTO/SAI AUNG MAIN Para pengunjuk rasa memblokir jembatan dengan mobil mereka selama demonstrasi menentang kudeta militer di Yangon pada Rabu (17/2/2021).

Menumbuhkan amarah

Ratusan ribu orang bergabung dalam protes dan kampanye pembangkangan sipil setelah kudeta.

Halaman:
Sumber BBC, CNN
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com