Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dirayakan Lebih dari 100 Tahun, Parade Bajak Laut di AS Batal karena Covid-19

Kompas.com - 17/02/2021, 10:29 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

TAMPA, KOMPAS.com - Selama lebih dari 100 tahun, kota Tampa di Florida, Negara Bagian Amerika Serikat (AS) telah mengadakan perayaan pengetahuan tentang bajak laut yang dikenal dengan nama Gasparilla.

Namun tahun ini, festival meriah itu tidak akan dirayakan karena pandemi Covid-19.

Organisasi Ye Mystic Krewe yang sudah melakukan acara itu sejak 1904 mengatakan bahwa perayaan itu tidak akan diselenggarakan tahun ini sampai Januari 2022.

Baca juga: Bajak Laut Bunuh Seorang Pelaut dan Culik 15 Awak dari Kapal Kargo Turki

Parade Gasparilla setiap tahun selalu menarik ratusan ribu orang dalam berbagai pernak-pernik dan aksesoris yang dilemparkan dari perahu-perahu, beberapa di antaranya menyerupai kapal bajak laut dan meriam tembak.

Kapal-kapal itu biasanya berjejer di sepanjang Teluk Tampa di Bayshore Boulevard.

Parade tersebut dihiasi dengan musik, drumben, dan orang-orang yang bersorak gembira. Beberapa orang mengubah penampilan mereka dengan memakai pakaian bajak laut, bahkan berteriak, "Aargh!" atau mungkin, "Aye!".

Baca juga: 3 Bajak Laut Wanita Paling Terkenal di Dunia, Siapa Saja?

Perayaan ini menampilkan invasi tiruan para anggota "krewe" dengan memakai pakaian bajak laut menggunakan kapal layar setinggi 50 meter dan dihias seakan-akan berasal dari abad ke-18.

Festival itu seakan-akan menunjukkan para bajak laut yang datang dan hendak menjarah kota.

“Setelah banyak berdiskusi dengan teman-teman, dengan sedih kami umumkan bahwa krewe kami akan tetap berada di lepas pantai sampai laut tenang, dan tidak akan menginvasi pantai Tampa Bay pada 2021,” ungkap organisasi itu dalam pengumuman mereka dikutip Associated Press (AP).

Baca juga: Kisah Port Royal: Pelabuhan Era Bajak Laut, Kini Disulap Jadi Tempat Wisata

"Ingatlah sumpah kami, kami akan kembali pada 2022!", imbuh pengumuman itu.

Ada sekitar 60 “krewe” dalam parade tersebut dan mereka juga melakukan kegiatan amal dan sosial sepanjang tahun.

Wali Kota Tampa Jane Castor juga menimbang, dengan pernyataannya melalui daring, memuji keputusan untuk membatalkan parade tersebut tahun ini.

Baca juga: Sejarah Selai Buah, Makanan Para Petualang dan Bajak Laut

Penyelenggara parade mengatakan bahwa itu salah satu parade terbesar di Amerika. Mulanya akan dilaksanakan April tahun ini, setelah rencana awal sempat tertunda juga karena pandemi global.

Banyak acara besar lainnya telah dibatalkan atau ditunda karena virus corona, termasuk parade Mardi Gras di New Orleans dan di tempat lain.

Acara Gasparilla mengacu pada Jose Gaspar, seorang bajak laut Spanyol yang dijuluki "Last of the Buccaneers," juga digunakan pada nama tim sepak bola kejuaraan Super Bowl Tampa Bay Buccaneers.

Baca juga: Liburan ke Megalochori di Santorini, Pernah Jadi Tempat Sembunyi Bajak Laut

Sejujurnya, Gaspar dikatakan telah berkeliaran di sekitar Pantai Teluk Florida sebelum kematiannya, diperkirakan pada atau sekitar tahun 1821, ketika Spanyol menyerahkan Florida ke AS. Tidak jelas siapa dia sebenarnya, tetapi menurut cerita, peristiwanya terjadi di Tampa.

Parade Gasparilla berikutnya ditetapkan pada 29 Januari 2022, didahului dengan parade untuk anak-anak pada 22 Januari.

Baca juga: Bajak Laut Somalia Akhirnya Membebaskan 3 Sandera Iran Setelah 5 Tahun Ditahan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com