Putri Saddam Hussein Muncul di TV Picu Krisis Diplomatik, Ini Sebabnya

Kompas.com - 17/02/2021, 10:26 WIB
Tangkapan layar yang menampilkan putri tertua mantan pemimpin Irak Saddam HusSein, Raghad Saddam Hussein, muncul di stasiun televisi Al Arabiya TV. TWITTER @AlArabiya_showsTangkapan layar yang menampilkan putri tertua mantan pemimpin Irak Saddam HusSein, Raghad Saddam Hussein, muncul di stasiun televisi Al Arabiya TV.

BAGHDAD, KOMPAS.com – Putri tertua mantan pemimpin Irak Saddam Hussein, Raghad Saddam Hussein, muncul di stasiun televisi Al Arabiya TV pada Senin (15/2/2021).

Kemunculannya lantas memicu krisis diplomatik atara Irak dengan Arab Saudi dan Yordania sebagaimana dilansir dairi Middle East Monitor, Selasa (16/2/2021).

Raghad muncul bersama Sohaib Charair dalam sebuah program acara yang disiarkan oleh Al Arabiya TV, saluran televisi yang bertaut dengan Arab Saudi.

Baca juga: Presiden Iran: Si Gila Trump Akan Berakhir seperti Saddam Hussein

Dalam acara tersebut, Raghdad mengatakan bahwa dia bisa berperan dalam perpolitikan Irak.

Charair bertanya pada Raghad dalam acara itu, apakah dia berniat untuk memainkan peran yang lebih langsung dalam perpolitikan di Irak segera.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Raghdad lantas menjawab pertanyaan tersebut, "Segalanya mungkin."

Baca juga: Instalasi Militer di Irak Diserang Roket, 6 Orang Korban Termasuk Tentara AS

Selain itu, Raghdad juga mengecam campur tangan Iran di kawasan itu. Dia menggarisbawahi bahwa Iran melanggar Irak setelah tidak adanya kekuatan nyata.

Setelah acara tersebut, Kementerian Luar Negeri Irak memanggil Duta Besar Yordania dan Arab Saudi di Baghdad.

Kementerian Luar Negeri Irak memprotes kenapa Raghad diperbolehkan muncul di televisi.

Raghad telah tinggal di Ibu Kota Yordania, Amman, sejak 2003. Ketika itu Amerika Serikat (AS) menginvasi Irak dan menggulingkan ayahnya.

Baca juga: 104 Jenazah Kelompok Minoritas Yazidi Irak Korban ISIS Akhirnya Bisa Pulang Dimakamkan


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X