UEA Rilis Foto Pertama Mars dari Misi "Hope" Tandai Sejarah Negara Arab di Luar Angkasa

Kompas.com - 16/02/2021, 15:47 WIB
Foto pertama Mars yang dirilis dari misi luar angkasa UEA, di mana gambar tersebut diambil dengan jarak 25.000 km di atas permukaan tanah Mars. [@HHShkMohd/Twitter] @HHShkMohd/TwitterFoto pertama Mars yang dirilis dari misi luar angkasa UEA, di mana gambar tersebut diambil dengan jarak 25.000 km di atas permukaan tanah Mars. [@HHShkMohd/Twitter]

ABU DHABI, KOMPAS.com - Uni Emirat Arab (UEA) pada Minggu (14/2/2021) merilis foto pertama permukaan Mars yang diambil melalui misi penyelidikan bernama "Hope" dari Badan Antariksa negara.

"Gambat Mars pertama yang diambil oleh penyelidikan Arab pertama dalam sejarah. (Foto) 25.000 km di atas permukaan Planet Merah," kata Sheikh Mohammed bin Zayed, Wakil Presiden sekaligus Perdana Menteri UEA, di Twitternya, seperti yang dilansir dari pada Minggu (14/2/2021).

Baca juga: Terobosan Besar, AS Berencana Bangun PLTN di Mars dan Bulan

UEA telah membuat sejarah dengan menjadi negara Arab pertama dan negara kelima di dunia, yang mengirim penyelidikan ke Mars.

Pada Juli 2020, Amerika Serikat, Cina, dan UEA mengirim pesawat ruang angkasa ke Mars, dengan UEA menjadi yang pertama dari 3 yang mencapai planet itu.

Ini juga menandai misi antarplanet pertama yang pernah diluncurkan oleh negara Arab.

Baca juga: China Luncurkan Misi Pertama ke Mars sebagai Awal untuk Membangun Program Luar Angkasa Kelas Dunia

Pesawat luar angkasa, yang tidak berawak, dikirim dalam upaya untuk mengeksplorasi dinamika iklim planet dalam skala waktu harian dan musiman.

Misi tersebut akan berlangsung selama 1 tahun penuh hitungan Mars, yang berarti 687 hari atau 2 tahun waktu bumi, menurut kantor berita UEA, WAM.

Melansir Business Insider pada Minggu (14/2/2021), Sheikh Mohammed kemudian berkata, "Kami berharap misi ini akan mengarah pada penemuan baru tentang Mars yang akan bermanfaat bagi umat manusia."

Baca juga: Luncurkan Pesawat Pertama ke Mars, Uni Emirat Arab Usung Misi Berbeda

Dalam sebuah video yang diunggap pada Jumat (12/2/2021), seorang insinyur di Jet Propulsion Laboratory NASA menggambarkan periode masuk, turun, dan mendarat di planet ini sebagai "tujuh menit teror".

Setelah memecah atmosfer Mars, Perseverance akan memakan waktu sekitar 7 menit untuk mencapai tanah, kata Swati Mohan, pimpinan Operasi Pengawasan, Navigasi & Kontrol Mars 2020.

"Jika ada satu hal yang kami ketahui, maka itu adalah pendaratan di Mars tidak pernah mudah," kata Marc Etkind, administrator asosiasi NASA untuk komunikasi dalam pernyataan yang diunggah di situs NASA.

Baca juga: Cuaca Buruk, Peluncuran Misi Uni Emirat Arab ke Mars Diundur Jadi 20 Juli

UEA "Hope" adalah salah satu dari 3 pesawat luar angkasa yang akan mencapai planet merah bulan ini.

Pesawat Tianwen-1 China, yang membagikan foto Mars pertamanya pada 5 Februari, tibasehari setelah penyelidikan UEA.

Sementara, Perseverance NASA dijadwalkan akan medarat di planet merah pada Kamis depan (18/2/2021).

Baca juga: Siap Luncurkan Pesawat ke Mars, Uni Emirat Arab Akan Cetak Sejarah


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X