Kompas.com - 16/02/2021, 15:34 WIB
Peragaan Perang Saudara Amerika 1861-1865 saat pasukan Union mendekati garis depan tentara Konfederasi. Reka ulang dilakukan di Hale Farm & Village, Bath, Amerika Serikat. UNSPLASH/CHRIS CHOWPeragaan Perang Saudara Amerika 1861-1865 saat pasukan Union mendekati garis depan tentara Konfederasi. Reka ulang dilakukan di Hale Farm & Village, Bath, Amerika Serikat.

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Tanggal 21 Juli 1861, terukir kisah perang kala warga Washington DC, Amerika Serikat (AS), berbondong-bondong jalan kali ke pedesaan dekat Manassas, Virginia.

Mereka hendak menonton bentrokan antara pasukan Union dan Konfederasi, yang merupakan pertempuran besar pertama di Perang Saudara Amerika atau Perang Sipil Amerika.

Negara Bagian Utara (Union) mengenalnya sebagai Pertempuran Bull Run Pertama, sedangkan Selatan (Konfederasi) menyebutnya Pertempuran Manassas Pertama.

Baca juga: Kisah Perang: Garis Maginot, Benteng Keropos yang Dibanggakan Perancis

Perang militer ini juga dijuluki "Pertempuran Piknik" karena orang-orang datang menonton sambil makan sandwich dan memakai teropong opera.

Para penonton di antaranya adalah para anggota Kongres AS, yang berharap Union menang dan segera mengakhiri perang yang dimulai 3 bulan sebelumnya ini.

Namun, harapan mereka tak jadi kenyataan. Union kalah dan para penonton yang awalnya piknik, langsung panik untuk menyelamatkan diri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jalannya perang

Pada 16 Juli 1861 pasukan federal yang dipimpin Brigadir Jenderal Irvin McDowell, mulai beranjak dari ibu kota negara ke persimpangan kereta api di Manassas, hampir 50 kilometer jauhnya.

Di sana mereka sudah dinanti pasukan Konfederasi yang dinakhodai Jenderal Pierre G T Beauregard.

Situasi genting ini tidak menyurutkan keinginan warga sekitar untuk menyaksikan langsung pertempuran.

Baca juga: Kisah Perang: Luftwaffe, AU Nazi Spesialis Serangan Kilat Blitzkrieg

Ilustrasi sandwich roti dengan honeycombShutterstock/Natasha Breen Ilustrasi sandwich roti dengan honeycomb
Lima hari kemudian atau tanggal 21 Juli mereka datang ke sana, bersama berbagai senator dan anggota DPR AS, reporter, serta fotografer Mathew Brady yang kelak jadi terkenal karena foto perangnya.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber History
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.