Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hancur Lebur, 130 Mobil Tabrakan Beruntun di Texas, 6 Orang Tewas

Kompas.com - 12/02/2021, 11:35 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

FORT WORTH, KOMPAS.com - Kecelakaan beruntun yang melibatkan lebih dari 130 kendaraan di jalan lintas negara bagian Texas, menewaskan 6 orang pada Kamis (11/2/2021).

Tabrakan beruntun di Texas ini terjadi di tengah badai musim dingin yang diliputi hujan es dan salju di beberapa negara bagian Amerika Serikat (AS).

Selain menewaskan 6 orang, insiden di Interstate 35 dekat kota Fort Worth ini juga membuat puluhan korban lainnya luka-luka.

Baca juga: Tabrakan Beruntun 100 Mobil di Texas, 5 Orang Tewas, Puluhan Luka-luka

Kecelakaan beruntun di Interstate 35 dekat Fort Worth, Texas, Amerika Serikat, pada Kamis (11/2/2021). Tabrakan ini melibatkan 75-100 kendaraan di jalan berselimut es. Sedikitnya 5 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka.THE DALLAS MORNING NEWS/LAWRENCE JENKINS via AP Kecelakaan beruntun di Interstate 35 dekat Fort Worth, Texas, Amerika Serikat, pada Kamis (11/2/2021). Tabrakan ini melibatkan 75-100 kendaraan di jalan berselimut es. Sedikitnya 5 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka.
Mobil dan truk saling bertabrakan dan melaju tak terkendali, bahkan beberapa kendaraan sampai bertumpuk.

Sebelumnya Kompas.com memberitakan kecelakaan beruntun ini melibatkan sekitar 100 kendaraan dan menewaskan 5 orang.

"Ada beberapa orang yang terjebak di dalam kendaraan mereka dan butuh alat penyelamat hidrolik untuk menyelamatkannya," kata kepala Pemadam Kebakaran Fort Worth, Jim Davis, dikutip Kompas.com dari Associated Press (AP).

Baca juga: 200 Orang dan 134 Mobil Kecelakaan Beruntun di Jepang, 1 Tewas

Proses evakuasi mobil yang terlibat kecelakaan beruntun di jalan tol Interstate 35, Fort Worth, Texas, Amerika Serikat, pada Kamis (11/2/2021). Insiden ini melibatkan lebih dari 130 kendaraan dan sedikitnya menewaskan 6 orang, sementara puluhan lainnya luka-luka. Aspal jalan tol berselimut es karena musim dingin.THE DALLAS MORNING NEWS/JUAN FIGUEROA via AP PHOTO Proses evakuasi mobil yang terlibat kecelakaan beruntun di jalan tol Interstate 35, Fort Worth, Texas, Amerika Serikat, pada Kamis (11/2/2021). Insiden ini melibatkan lebih dari 130 kendaraan dan sedikitnya menewaskan 6 orang, sementara puluhan lainnya luka-luka. Aspal jalan tol berselimut es karena musim dingin.
Sedikitnya 65 orang dirawat di rumah sakit, dengan 36 di antaranya diangkut dengan ambulans dari lokasi kecelakaan.

Matt Zavadsky juru bicara MedStar yang menyediakan layanan ambulans di wilayah itu mengatakan, ada tiga orang yang mereka bawa dengan kondisi kritis.

Banyak juga orang-orang yang dirawat di lokasi insiden dan bisa langsung pulang.

Kecelakaan terjadi sekitar pukul 6 pagi. Banyak korban adalah tenaga kesehatan (nakes), petugas tanggap darurat, dan polisi yang akan berangkat atau pulang kerja.

Baca juga: Tabrakan Beruntun 134 Mobil di Tol Jepang, Angin Kencang 100 Km Per Jam dan Salju Lebat

"Kami melihat banyak orang yang menjadi korban kecelakaan ini mengenakan baju tindakan dengan ID rumah sakit... dalam beberapa kasus kami tahu orang-orang itu," lanjut Zavadsky.

Tim penyelamat datang untuk mengevakuasi korban kecelakaan beruntun di Interstate 35 dekat Fort Worth, Texas, Amerika Serikat, pada Kamis (11/2/2021). Polisi mengatakan, insiden yang menewaskan 6 orang ini melibatkan 75-100 kendaraan di jalan tol yang berselimut es karena musim dingin.STAR-TELEGRAM/AMANDA MCCOY via AP PHOTO Tim penyelamat datang untuk mengevakuasi korban kecelakaan beruntun di Interstate 35 dekat Fort Worth, Texas, Amerika Serikat, pada Kamis (11/2/2021). Polisi mengatakan, insiden yang menewaskan 6 orang ini melibatkan 75-100 kendaraan di jalan tol yang berselimut es karena musim dingin.
Kemudian kepala polisi Fort Worth Neil Noakes mengatakan, tiga polisi sedang dalam perjalanan berangkat kerja saat kecelakaan beruntun terjadi.

Ia menambahkan, semuanya sudah dipulangkan dari rumah sakit karena tidak menderita luka serius.

Baca juga: Kapal Selam Jepang Tabrak Kapal Hong Kong Saat Menyembul ke Permukaan


"Jalan tol itu sangat licin sampai beberapa dari anggota kru kami terpeleset," kata Zavadsky.

Dia menerangkan, krunya membawa campuran pasir dan garam untuk mengurangi kelicinan di tempat kejadian.

Ada salah satu ambulans yang tertabrak kendaraan lain, tetapi hanya rusak ringan dan krunya baik-baik saja.

Baca juga: Truk Oleng Tabrak 15 Orang Tidur di Pinggir Jalan, Semua Tewas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com