Markas Partai Suu Kyi Dijarah Militer Myanmar, Uang di Brankas Raib

Kompas.com - 11/02/2021, 19:29 WIB
Seorang pria berjalan di depan markas besar partai National League for Democracy (NLD) di Yangon, Myanmar, pada Rabu (10/2/2021). Mabes NLD digerebek dan dijarah militer Myanmar pada jam malam hari sebelumnya. STR/AP PHOTOSeorang pria berjalan di depan markas besar partai National League for Democracy (NLD) di Yangon, Myanmar, pada Rabu (10/2/2021). Mabes NLD digerebek dan dijarah militer Myanmar pada jam malam hari sebelumnya.

YANGON, KOMPAS.com - Markas partainya Aung San Suu Kyi, National League for Democacy (NLD), digerebek dan dijarah militer Myanmar.

Musibah itu disampaikan NLD di Facebook pada Selasa malam (9/2/2021) waktu setempat.

Mereka mengumumkan bahwa diktator militer telah menggerebek dan merusak markas NLD.

Baca juga: Demo Thailand Mulai Lagi, Massa Tiru Taktik Pedemo Myanmar

Penggerebekan dan penjarahan ini terjadi seminggu usai Aung San Suu Kyi digulingkan dalam kudeta Myanmar, mengembalikan kekuasaan ke militer setelah 10 tahun menjadi negara demokrasi.

NLD sekarang tanpa pemimpin, karena Aung San Suu Kyi ditahan bersama Presiden Win Myint dan para petinggi partai.

"Kami ingin segera ke markas besar, tetapi karena jam malam, kami tahu bakal jadi masalah," kata Soe Win anggota NLD yang mengurus markas di Yangon, kepada AFP pada Rabu (10/2/2021).

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami harus menunggu sampai pagi."

Baca juga: Militer Myanmar Bingung? Surati Rekan Sesama Pelaku Kudeta di Thailand Minta Bantuan Demokrasi

Kemudian setelah jam malam berakhir pada pukul 04.00 pagi, anggota partai bergegas ke markas di Shwegondine untuk mengecek kerusakan.

"Tidak ada kunci dan pintu utama kami dibiarkan terbuka... kami dapati semua kunci di pintu kami rusak," ungkap Soe Win.

Di ruang server mereka, CPU hilang beserta printer dan scanner, sedangkan kabel server digunting dan dibiarkan berantakan.

Halaman:

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X