Kompas.com - 11/02/2021, 15:44 WIB

WUHAN, KOMPAS.com - Misi dari tim Badan Kesehatan Dunia (WHO) yang berakhir pekan ini di China, tidak menemukan sumber atau asal-usul virus corona.

Namun, tim tersebut sepakat bahwa virus penyebab Covid-19 itu kemungkinan berpindah dari kelelawar ke hewan lain, sebelum menular ke manusia.

Mereka juga menyimpulkan, sangat tidak mungkin virus bernama SARS-CoV-2 itu berasal dari institut virologi Wuhan.

Baca juga: 4 Skenario Asal Mula Virus Corona di Wuhan Menurut WHO

Meski begitu, misi yang berlangsung hampir sebulan itu tetap menyisakan lima misteri virus corona yang belum terjawab.

Melansir pemberitaan AFP pada Rabu (10/2/2021), berikut adalah kelima misteri Covid-19 yang masih jadi pertanyaan besar.

1. Hewan asalnya

Para ahli mengatakan, tes sudah dilakukan ke puluhan ribu sampel dari hewan liar, ternak, dan domestik di seluruh China, tetapi tidak ada yang mengandung SARS-CoV-2.

Akan tetapi, pakar virologi Belanda yang juga anggota tim WHO, Marion Koopmans, menerangkan bahwa spesies yang lebih rentan terhadap virus seperti tikus bambu, musang, dan kelinci yang dijual di pasar Huanan, Wuhan, bisa jadi pintu masuk penelitian selanjutnya.

Ahli zoologi Inggris Daszak juga mengatakan, virus baru dari kelelawar di Thailand dan Kamboja mengalihkan fokus mereka ke Asia Tenggara.

"Saya rasa suatu hari nanti kami akan menemukannya (sumber), mungkin butuh waktu... tapi tak diragukan lagi pasti ada," terangnya kepada wartawan.

Baca juga: Pejabat WHO Diam-diam Kritik China yang Tak Bagikan Informasi Covid-19 Lebih Awal

2. Data mentah

Thea Kolsen Fischer anggota tim WHO yang juga ahli epidemiologi Denmark mengatakan, tim WHO tidak diberi data mentah melainkan analisis sebelumnya oleh para ilmuwan China.

Halaman:
Sumber AFP

Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.