Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unik, Kisah Pria Tua di Turki Bersahabat dengan Seekor Angsa Selama 37 Tahun

Kompas.com - 08/02/2021, 22:35 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

ANKARA, KOMPAS.com - Sebuah persahabatan unik terjalin antara seorang manusia dan seekor angsa yang diselamatkan. Persahabatan itu bahkan sudah bertahan selama beberapa dekade.

Melansir Associated Press (AP), Senin (8/2/2021) seorang pria di Turki bersahabat dengan angsa yang dia selamatkan 37 tahun yang lalu.

Pria bernama Recep Mirzan itu menemukan seekor angsa betina yang dia beri nama Garip, 37 tahun lalu di Provinsi Edirne barat, Turki.

Baca juga: Mengapa Ada yang Lebih Cocok Bersahabat dengan Hewan ketimbang Manusia?

Mirzan dan beberapa orang temannya kala itu tengah mengambil jalan pintas ketika berkendara dengan mobil mereka dan tak sengaja melihat seekor angsa, dengan sayap patah, di sebuah lapangan kosong.

Mirzan segera membawa angsa itu untuk melindunginya dari pemangsa dan membawanya serta di dalam mobil sampai sore kala itu dan membawa angsa tersebut ke rumahnya.

Sejak saat itu, Garip tinggal di peternakan mantan pegawai pos tersebut di wilayah Karaagac, yang berbatasan dengan Yunani.

Garip mengikuti Mirzan ke manapun duda tanpa anak itu pergi. Garip menemani Mirzan ketika dia melakukan tugasnya di sekitar pertanian atau untuk sekadar jalan-jalan sore.

Baca juga: Curi Angsa Hitam dari Taman untuk Dijadikan Sup, Pria Ini Ditangkap

“Karena saya mencintai hewan, saya berkata pada diri sendiri bahwa saya harus membawanya pulang daripada meninggalkannya sebagai mangsa untuk rubah,” kata Mirzan kepada AP.

Mirzan juga menceritakan hari di mana dia membawa Garip. “Kami telah terbiasa satu sama lain. Kami tidak pernah berpisah. ”

Mirzan menamai angsa itu "Garip," yang artinya "aneh" tetapi juga bisa digunakan untuk menggambarkan mereka yang kurang beruntung.

Setelah sayap Garip sembuh, angsa itu tinggal bersama Mirzan dan juga berteman dengan kucing dan anjing di lingkungan tersebut.

Baca juga: Viral Video Anjing Setia Temani Pemiliknya yang Tidur Memakai Ventilator

Garip menghabiskan sebagian besar waktunya di luar kandang dan tidak pernah mencoba melarikan diri dari peternakan Mirzan.

Mirzan yang sudah berusia 63 tahun mengatakan bahwa Garip telah setia kepadanya dan memilih untuk tetap di sisinya. Mirzan bahkan menganggap angsa itu sebagai anaknya.

Hidup bersama Mirzan jelas menguntungkan bagi Garip. Menurut sebuah Badan Suaka Angsa yang berbasis di Inggris, umur rata-rata angsa di alam liar adalah 12 tahun.

Usia angsa yang dipelihara dalam lingkungan yang dilindungi, dikatakan dapat hidup hingga 30 tahun lamanya.

Baca juga: Anjing Ini Setia Tunggu Majikan di Luar Rumah Sakit Selama 6 Hari

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com