Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gletser Longsor Picu Banjir Bandang, 14 Orang Tewas dan 170 Lainnya Hilang

Kompas.com - 08/02/2021, 12:53 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

Sumber NDTV

NEW DELHI, KOMPAS.com – Sebanyak 14 orang dilaporkan tewas dan 170 orang masih menghilang setelah bongkahan gletser longsor dan memicu banjir bandang.

Bongkahan gletser besar tersebut jatuh di bendungan Sunagi Alaknanda dan memicu banjir bandang.

Bencana itu juga menyapu stasiun pembangkit listrik tenaga air (PLTA) dan menghantam sejumlah wilayah di Distrik Chamoli, Uttarakhand, India, pada Minggu (7/2/2021).

Tim tanggap bencana nasional dan tim tanggap bencana negara bagian telah dikerahkan, begitu pula tim dari Indo-Tibetan Border Police (ITBP).

Angkatan Darat juga mengerahkan beberapa regu sedangkan Angkatan Laut India juga mengirim tujuh tim penyelam sebagaimana dilansir dari NDTV.

Baca juga: Salju Longsor dari Himalaya di India Dikhawatirkan 150 Orang Jadi Korban

Sebanyak 170 orang yang terdiri atas 148 karyawan PLTA dan 22 orang di Rishiganga masih hilang.

Sekitar 30 orang terperangkap di dalam terowongan sepanjang 2,5 kilometer dan tim penyelamat bekerja sepanjang malam untuk menyelamatkan mereka.

Upaya penyelamatan masih terus dilakukan terlepas dari sulitnya medan, dinginnya suhu, lumpur, dan puing-puing di dalam terowongan merupakan tantangan besar bagi tim penyelamat.

NDTV melaporkan, sebanyak 12 orang yang terjebak dalam terowongan yang sedang dibangun diselamatkan oleh tim ITBP.

Baca juga: India Akhirnya Pulihkan Jaringan Internet 4G di Kashmir Setelah 18 Bulan


Pada Senin (8/2/2021) pagi waktu setempat, Pasukan Tanggap Bencana Negara Bagian (SDRF) Uttarakhand membersihkan puing-puing dan lumpur di terowongan dekat bendungan Tapovan di Distrik Chamoli sebagai bagian dari upaya penyelamatan.

Personel SDRF harus menunggu hingga permukaan sungai turun untuk memulai operasi penyelamatan terhadap orang-orang yang terjebak di dalam terowongan.

Komandan Pasukan Tanggap Bencana Nasional (NDRF) Praveen Kumar Tiwary mengatakan personelnya telah memulai operasi penyelamatan.

“Kami berharap yang terbaik dan melakukan yang terbaik. Kami menggunakan peralatan terbaru dan terbaik,” ujar Tiwary kepada NDTV melalui sambungan telepon.

Baca juga: Kasus Covid-19 di India Bisa Turun Drastis, Ini Dugaan Penyebabnya...

Dia menambahkan medannya sangat sulit dan suhunya mencapai di bawah nol derajat Celsius. “Tetapi tim kami melakukan yang terbaik," sambung Tiwary.

Banjir bandang yang dipicu longsornya gletser tersebut juga menyapu jembatan yang menghubungkan jalan sempit di perbukitan dengan 13 desa.

Halaman:
Sumber NDTV

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com